Olivia Nathania Divonis 3 Tahun Bui, Korban CPNS Fiktif Histeris-Pingsan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 28 Mar 2022 16:10 WIB
Jakarta -

Olivia Nathania divonis 3 tahun penjara terkait perkara rekrutmen CPNS fiktif. Mendengar putusan hakim, salah satu korban yang menghadiri sidang histeris dan pingsan.

Pantauan detikcom di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (28/3/2022), sidang semula berlangsung tenang. Namun, saat hakim membacakan vonis terhadap Olivia, korban bernama Agustin berteriak histeris.

"Allahu Akbar... saya ingin Olivia dihukum seberat-beratnya," kata Agustin.

Tak lama kemudian, Agustin pingsan di ruang sidang. Ia langsung dibawa ke luar ruang sidang.

Setelah siuman, Agustin mengaku akan menuntut Olivia dengan tuntutan perdata. Dia merasa hukuman 3 tahun penjara itu terbilang rendah.

"Jadi intinya sekali lagi harapan kami, kami akan tuntut juga secara perdata, biar bagaimanapun uang para korban harus dibalikkan, kami korban susah, buat makan susah," kata Agustin.

Menurut Agustin, ada 16 anggota keluarganya yang ikut rekrutmen CPNS fiktif Olivia ini. Agustin mengklaim pihaknya rugi sebesar Rp 515 juta.

"Anak dan keluarga saya, semua 16 orang, saya sampaikan pada saat itu di persidangan, total keluarga saya rugi Rp 515 juta keluarga saya saja, uang pribadi Rp 160 juta," ujar Agustin.

Diketahui, Olivia Nathania divonis 3 tahun penjara terkait perkara rekrutmen CPNS fiktif. Anak penyanyi Nia Daniaty itu dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana penipuan.

(whn/zap)