KPK Selidiki Peran Azis Syamsuddin Terkait Kasus Suap di Lampung Tengah

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 28 Mar 2022 14:20 WIB
Azis Syamsuddin dituntut 4 tahun dan 2 bulan penjara. Selain itu, jaksa juga menuntut agar hak politik Azis Syamsuddin juga dicabut selama 5 tahun.
Azis Syamsuddin (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta -

KPK hingga saat ini masih menyelidiki keterlibatan mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di perkara suap APBD Lampung Tengah tahun 2017. KPK saat ini masih mengumpulkan bukti terkait kasus ini.

"Penyelidikan dari perkara dugaan tindak Lampung Tengah saat ini masih terus dilakukan ya, proses penyelidikan itu tentu kan mencari peristiwa pidana, apakah ada peristiwa pidana, dan kemudian itu pidana korupsi menjadi kewenangan KPK, maka tentu akan diteruskan atau ditingkatkan pada proses berikutnya atau pada proses penyidikan begitu," jelas Ali di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (28/3/2022).

KPK hingga saat ini masih mengumpulkan bukti. Adapun petikan putusan Azis Syamsuddin terkait perkara suap mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju yang berkaitan dengan kasus DAK Lampung Tengah juga dipelajari KPK.

"Saat ini masih terus dilakukan pengumpulan bahan keterangan terkait dengan lampung tengah yang dimaksud," katanya.

"Adapun kemudian putusan mengenai Azis Syamsudin di perkara sebelumnya di Jakarta Pusat yang telah memiliki kekuatan hukum, tentu ini menjadi dasar nantinya di dalam penambahan informasi, dan data dalam proses penyelidikan yang akan kami lakukan," imbuhnya.

(zap/dhn)