Hakim Kesampingkan Seluruh Kesaksian Aliza Gunado di Sidang Azis Syamsuddin

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 17 Feb 2022 13:11 WIB
Mantan Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (17/1/2021). Sidang ini mengagendakan pemeriksaan terdakwa.
Sidang kasus Azis Syamsuddin (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Majelis hakim yang mengadili perkara Azis Syamsuddin mengesampingkan seluruh kesaksian Aliza Gunado, yang pernah dihadirkan jaksa KPK sebagai saksi untuk Azis Syamsuddin. Kenapa?

Diketahui, Aliza Gunado disebut sebagai orang kepercayaan Azis Syamsuddin. Aliza mengaku mengenal dan mengetahui Azis karena sama-sama di Partai Golkar, Azis di DPP Golkar dan Aliza di AMPG.

Saat menjadi saksi di persidangan Azis, Aliza juga sempat ditegur oleh hakim karena membantah menerima fee Rp 2 miliar dan mengaku tidak mengenal Taufik Rahman, Darius Hartawan, dan Aan Riyanto. Aliza Gunado juga diancam dikenai pasal sumpah palsu di sidang.

Padahal ketiga saksi tersebut mengaku kenal dengan Aliza Gunado dan mengatakan pernah memberikan uang fee sekitar Rp 2 miliar kepada Aliza Gunado sebagai realisasi pencairan DAK Lampung Tengah senilai Rp 25 miliar. Saat itu Ketua Banggar DPR yang berkaitan dengan DAK ini adalah Azis Syamsuddin.

"Karena Aliza Gunado bantah semua keterangan Taufik Rahman, Darius Hartawan, dan Aan Riyanto, dan ketiga saksi tetap pada keterangan, sedangkan saksi Aliza Gunado tetap pada pendiriannya, yang menyatakan tidak mengenal ketiga saksi, yaitu Taufik Rahman, Darius Hartawan, dan Aan Riyanto dan tidak pernah terima uang commitment fee sebesar Rp 2.050.000.000 (miliar) bersama Edi Sujarwo yang diserahkan kepada terdakwa Azis Syamsuddin," kata hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Kamis (17/2/2022).

Hakim menilai kesaksian Aliza Gunado berdiri sendiri. Menurut hakim, kesaksian Aliza itu menutupi perbuatannya.

"Hakim berpendapat keterangan Aliza Gunado di samping berdiri sendiri tanpa didukung alat bukti lain, dan lagi pula ada upaya untuk menghindarkan diri sebagai seorang yang diduga ikut sebagai pelaku tipikor terkait dengan pengurusan DAK Lampung Tengah tahun anggaran 2017 yang ada hubungannya dengan perkara yang dihadapi terdakwa yang melibatkan pihak lain, yaitu Stepanus Robin Pattuju dan Maskur Husain sebagai terdakwa pula dalam perkara lain oleh karena itu seluruh alasan dan bantahan dari saksi Aliza Gunado itu harus dikesampingkan," tegas hakim.

Simak Video 'Momen Azis Syamsuddin Peluk Istri Usai Divonis 3,5 Tahun Bui':

[Gambas:Video 20detik]