Distribusi Air Bersih ke Bekasi Barat Berhenti Imbas Pencemaran Air Kali

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Sabtu, 26 Mar 2022 15:12 WIB
Kali Bekasi berbusa (Fakhri-detikcom)
Kali Bekasi berbusa akibat tercemar limbah. (Fakhri/detikcom)
Bekasi -

Distribusi air bersih untuk sebagian masyarakat Kota Bekasi tersendat. Penyebabnya air Kali Bekasi tercemar.

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Patriot menghentikan produksi air baku. Hal ini menyebabkan 40 ribu pelanggan dari Bekasi Barat dan Utara terdampak.

"Untuk saat ini, kita Perumda Tirta Patriot melayani wilayah Bekasi Barat dan Bekasi Utara saja ya. Untuk di Perumda Tirta Patriot itu hampir 40 ribu pelanggan," ujar Asisten Manajer Humas Perumda Tirta Patriot, Rizky Sabilah, saat dihubungi detikcom, Sabtu (26/3/2022).

"Zona Bekasi Barat sudah setop pendistribusian karena air yang ada di reservoir untuk zona wilayah barat sudah habis gitu," sambungnya.

Rizky menerangkan distribusi air di Bekasi Utara masih berjalan. Namun debit air diperkecil karena hanya mengandalkan reservoir.

"Untuk yang Bekasi Utara masih berjalan tapi kita menurunkan debit pendistribusian ke pelanggan," tuturnya.

Rizky mengatakan pihaknya melakukan pengecekan sampel air tiap jam. Selain itu, dia menuturkan akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Bekasi karena pencemaran limbah yang selalu berulang.

"Kita berharap bisa bekerja samalah. Karena di tahun 2021 juga sama sebabnya. Kalau di akhir tahun itu bisa seminggu dua sampai tiga kali (tercemar limbah). Ya akhirnya pendistribusian air ke pelanggan terganggu, kita nggak bisa maksimal," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan Kali Bekasi tercemar limbah hingga dipenuhi busa putih. Selain itu, air kali mengeluarkan bau tak sedap.

Pantauan detikcom pukul 11.44 WIB tadi, di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, terlihat busa putih yang cukup tebal memenuhi Kali Bekasi. Warna air kali pun terlihat keruh, bahkan menghitam.

Yanurma, salah seorang pekerja di salah satu proyek dekat Kali Bekasi, menyatakan melihat Kali Bekasi terkena limbah pada pukul 09.00 WIB. Menurutnya ini baru pertama kali dirinya melihat Kali Bekasi dipenuhi limbah.

"Baru pertama kayak gini, Mas, bau juga ini, biasanya warna kalinya cokelat dan tidak berbau," ujar Yanurma kepada detikcom.

Lihat juga Video: Muara Baru Krisis Air Bersih, Wagub Riza: Lapor ke Kelurahan!

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)