ADVERTISEMENT

Seragam Polisi-TNI Masih Impor, Demokrat Minta Jokowi Awasi Ketat

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 26 Mar 2022 09:02 WIB
Ketua DPP PD Didik Mukrianto
Ketua DPP PD Didik Mukrianto (Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa jengkel karena sejumlah kementerian/lembaga masih membeli produk luar negeri, termasuk seragam TNI dan Polri. Ketua DPP Partai Demokrat (PD) Didik Mukrianto pun mendukung penggunaan produk dalam negeri.

"Secara prinsip, saya juga mendukung setiap upaya pemerintah dalam mendukung inovasi dan produk anak negeri. Dalam konteks ini, termasuk pengadaan barang-barang yang selama ini diimpor. Idealnya harus ada alih teknologi sehingga bisa transfer knowledge dan diproduksi di dalam negeri," ujar Didik kepada wartawan, Jumat (25/3/2022).

"Keberpihakan terhadap industri dalam negeri dan konten lokal mesti diinisiasi dan diperkuat oleh kementerian dan lembaga kita agar semakin menguatkan laju ekonomi kita. Government spending yang bersumber dari APBN dan sangat besar idealnya dinikmati oleh masyarakat Indonesia," sambungnya.

Didik menegaskan semua kebutuhan yang diperlukan oleh kementerian dan lembaga harus berasal dari dalam negeri. Menurutnya, hal tersebut tidak sulit untuk dimulai.

"Saya rasa bukan hal yang sulit untuk dimulai. Saatnya kebutuhan-kebutuhan kementerian/lembaga yang bauran teknologinya bisa dilakukan anak negeri harus mendapat keberpihakan yang utuh dan berkelanjutan," papar Didik.

Anggota Komisi III DPR itu meminta agar Presiden Jokowi dan jajarannya mengawasi ketat agar kementerian/lembaga mengutamakan produk dalam negeri. Menurutnya, tidak sulit menjalankan instruksi Jokowi agar mengutamakan karya anak bangsa.

"Jika Presiden mengidentifikasi pengadaan barang yang selalu diimpor, sementara anak negeri mampu memproduksi, pemerintah tinggal memastikan political will-nya jelas, action will-nya diawasi dengan ketat. Dengan instruksi Presiden yang tegas dan serius, saya yakin dan percaya semua akan mudah dilakukan," imbuhnya.

Selanjutnya, Jokowi jengkel hingga Polri siap mengikuti arahannya....

Lihat juga Video: Resmi! Begini Penampakan Seragam Satpam Terkini

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT