Momen Sejumlah Massa 212 Tolak Bubar, Sempat Injak Poster Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Mar 2022 18:54 WIB
Jakarta -

Massa aksi Persaudaraan Alumni (PA) 212 telah meninggalkan lokasi demo di Patung Kuda, Jakarta Pusat (Jakpus). Saat mereka meninggalkan lokasi, ada sebagian massa aksi yang menginjak poster bergambar Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (25/3/2022), sebagian massa aksi sempat terlibat ketegangan dengan petugas kepolisian. Sejumlah massa menolak meninggalkan Patung Kuda meski mobil komando sudah pergi dari lokasi demo.

Kericuhan tak terhindarkan sehingga kedua pihak sempat saling mendorong. Massa terus meneriakkan kata-kata agar polisi membuka jalan karena mereka hendak menuju Istana Merdeka.

Sebagian peserta massa aksi PA 212 juga terlihat melemparkan botol air minum mineral ke arah polisi. Tak lama setelah itu, polisi memasang pembatas jalan (barrier) plastik warna oranye.

Kemudian, terlihat sebagian massa aksi melempar poster bergambar Presiden Jokowi. Sebagian massa lalu menginjak wajah Jokowi di poster tersebut.

Poster tersebut bertulisan 'Gagal Urus Negara'. Selain itu, poster tersebut bertulisan 'Jokowi Mundur'. Di atas wajah Jokowi terdapat tulisan 'Aliansi Selamatkan Indonesia'.

Massa yang membawa sepeda motor dan diparkirkan di sekitar lokasi demo lalu ikut pergi dari Patung Kuda. Mereka mengikuti mobil komando yang lebih dulu meninggalkan lokasi.

Saat itu, sejumlah petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) datang membersihkan sampah-sampah di lokasi demo. Sejumlah massa juga ikut membersihkan sampah.

Mereka tampak memasukkan sampah ke kantong plastik (trash bag). Berangsur-angsur, seluruh massa pun meninggalkan lokasi.

Setelah itu polisi ikut meninggalkan area Patung Kuda.

Massa menyampaikan 5 tuntutan, yakni menangkap pelaku penistaan agama, menuntaskan kasus penembakan Km 50, tak ada kriminalisasi ulama dan aktivis, selamatkan RI dari oligarki, serta hilangkan Islamofobia.

Saat ini massa aksi sudah meninggalkan Patung Kuda. Pasukan oranye juga telah membersihkan sampah bekas demo. Situasi di lokasi kini telah kondusif. Arus lalu lintas juga kembali normal.

(jbr/fjp)