Sidang Vonis Kasus Terorisme Munarman Digelar 6 April

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 25 Mar 2022 16:14 WIB
Ilustrasi Palu Hakim
Ilustrasi pengadilan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Majelis hakim menetapkan sidang vonis kasus terorisme dengan terdakwa Munarman digelar 6 April 2022. Sidang vonis digelar setelah Munarman mengajukan duplik.

"Majelis sudah bermusyawarah, insyaallah putusan akan dibacakan pada hari Rabu, tanggal 6 April 2022," kata ketua majelis hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (25/3/2022).

Hakim mengatakan sidang vonis terdakwa akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Dia mengatakan hakim bakal bermusyawarah lebih dulu soal putusan.

"Pagi seperti biasa ya, insyaallah jam 09.00 WIB. Kami sudah merancang persidangan dan alhamdulillah sekarang sudah selesai pemeriksaannya, tinggal nanti majelis untuk bermusyawarah dan menyusun putusan," ujarnya.

Sebelumnya, Munarman mengatakan dirinya dan FPI menolak kekerasan dan terorisme sebagai sarana perjuangan. Munarman menilai tuduhan terorisme kepada dirinya dan FPI merupakan fitnah.

"Terkait sikap saya dan FPI dalam masalah kekerasan dan rangkaian pemboman di Indonesia, sudah saya ungkap bukti-bukti di persidangan a quo bahwa FPI dan saya menolak cara-cara kekerasan, apalagi penggunaan terorisme atau pengeboman, sebagai sarana perjuangan," kata Munarman saat membacakan duplik dalam sidang.

"Jadi kalau ada fitnah bahwa FPI dan saya baru-baru ini saja mengecam terorisme dan pengeboman, orang tersebut kudet alias kurang update atau bahkan memang penjahat yang sengaja menyesatkan informasi dan sengaja mem-framing, me-labeling, dan tukang fitnah," tambahnya.

Munarman mengatakan dirinya dan FPI berupaya bersikap adil terkait tindakan terorisme. Dia mengatakan tindakan terorisme bukan hanya dilakukan oleh orang yang ber-KTP Islam, namun semua orang dengan agama, kelompok maupun organisasi apa pun.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.