Massa Aksi PA 212 Gelar Salat Asar Berjemaah di Depan Patung Kuda

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 25 Mar 2022 16:10 WIB
Massa Aksi PA 212 Gelar Salat Ashar Jamaah di Depan Patung Kuda
Massa aksi PA 212 melaksanakan salat Asar berjemaah di depan Patung Kuda. (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Massa aksi yang tergabung dalam Persaudaraan Alumni (PA) 212 masih melaksanakan aksi 2503 di sekitar kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Saat suara azan Asar berkumandang, mereka menghentikan aksinya sejenak untuk beribadah salat.

Pantauan detikcom pukul 15.25 WIB di lokasi, orator mengimbau kepada peserta massa aksi untuk segera mengambil air wudu sebelum melaksanakan salat Asar berjemaah. Setelah mengambil air wudu dari air mineral, mereka kemudian membentangkan terpal di jalanan.

"Setelah ini, kita salat Asar berjemaah langsung di sini (area aksi). Bagi yang belum mengambil wudu, bisa dengan Aqua botol, dan langsung bentuk saf," kata perwakilan massa aksi tersebut dari atas mobil komando, Jumat (25/3/2022).

Terpal yang telah dibentangkan ke jalan digunakan mereka untuk menjadi alas salat. Ibadah salat Asar ini dilakukan setelah perwakilan massa aksi mengumandangkan azan dari atas mobil komando.

Dalam prosesi salat Asar berjemaah ini, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PA 212 Novel Bamukmin bertindak sebagai imam. Terlihat juga, Ketua Umum PA 212 Slamet Ma'arif serta petinggi PA 212 lainnya turut mengikuti salat Asar berjemaah ini.

Setelah mereka menggelar salat Asar berjemaah, massa aksi akan kembali melanjutkan orasinya beserta menyampaikan tuntutannya kepada pemerintah.

Diketahui massa aksi mulai berdatangan sejak pukul 13.35 WIB. Mayoritas massa terlihat mengenakan baju putih. Terdapat satu mobil komando tiba di lokasi.

Massa aksi juga terlihat membawa beberapa atribut seperti bendera Indonesia dan PA 212. Selain itu, ada spanduk yang berisi tuntutan massa.

Sementara itu, kondisi arus lalu lintas terpantau ramai lancar. Para petugas polisi terlihat berjaga di sekitar area lokasi.

Seperti diketahui, PA 212 dan kawan-kawan menggelar aksi 2503 di kawasan Patung Kuda. Mereka meminta agar pelaku penistaan agama ditangkap.

"Tangkap dan penjarakan penista agama Yaqut, Saepudin, Abu Janda, dan lain-lain," kata Ketua Umum PA 212 Slamet Ma'arif kepada wartawan, Rabu (23/3).

(ain/yld)