Datangi Polda Metro, Ayu Ting Ting Ingin Selesaikan Masalah

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 24 Mar 2022 14:26 WIB
Penyanyi dangdut Ayu Ting Ting saat memenuhi pemanggilan sebagai saksi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, (31/8). PedangdutAyu Ting Ting beserta pengacaranya bakal diperiksa oleh penyidikterkait laporannya terhadap pemilik akun Instagram @gundik_empaeng tentang dugaan penghinaan.
Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Ayu Ting Ting mendatangi Polda Metro Jaya siang ini. Didampingi pengacaranya, Sandy Arifin, Ayu mengaku ingin menyelesaikan masalah yang pernah dilaporkannya.

"Lagi menyelesaikan masalah, ya," kata Sandy kepada wartawan, Kamis (24/3/2022).

Ayu tidak banyak berkomentar soal kedatangannya hari ini. Saat ditanya apakah masalah yang ingin diselesaikannya adalah laporannya soal pencemaran nama baik kepada pemilik akun Instagram inisial KD, pihak Ayu hanya menjawab singkat.

"Iya, insyaallah," terang Sandy.

Ayu Ting Ting juga tidak menjelaskan hasil kedatangannya ke Polda Metro hari ini. Dia hanya meminta doa agar masalahnya tersebut segera selesai.

"Iya, doain aja. Doain aja ya," jelas Ayu.

Ayu Ting Ting Laporkan KD Dua Kali

Untuk diketahui, Ayu Ting Ting melaporkan pemilik akun Instagram @gundik_empang berinisial KD. Laporan itu masih terkait dugaan pencemaran nama baik.

Pengacara Ayu Ting Ting, Minola Sebayang, mengaku laporan ini merupakan laporan kedua kliennya atas KD. Sebelumnya, pihaknya melaporkan terlapor atas dugaan pelanggaran Pasal 315 KUHP soal penghinaan.

"Laporan kedua terhadap satu orang. Satu pidana umum di 315 KUHP, satu karena dia melakukan itu melalui akun gundik_empang," kata Minola di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Minola mengatakan hari ini pihaknya melaporkan pemilik akun tersebut lewat UU ITE. Dia mengatakan laporan hari ini menunjukkan keseriusan Ayu Ting Ting dalam menuntaskan perkaranya dengan KD.

"Jadi, selain laporan kami yang sudah diterima di Krimum di dugaan 315 KUHP, sekarang kami lakukan lagi laporan karena pelanggaran sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Informasi-Transaksi Elektronik," terang Minola

"Ini menunjukkan bahwa kita serius untuk proses penegakan hukum terhadap orang yang tidak bertanggung jawab dan memiliki niat menggunakan media sosial untuk menghina, melakukan ujaran kebencian, kepada orang lain," tambahnya.

Minola menambahkan, sebelum membuat laporan ITE kepada pemilik akun Instagram @gundik_empang, kliennya telah dua kali melayangkan somasi. Namun somasi itu tidak digubris.

"Kita sudah melakukan somasi dan undangan dua kali ke KD, sudah diterima. Tapi tidak hadir untuk memenuhi undangan kami. Tidak juga menjawab maupun merespons isu somasi kami, maka terpenuhilah syarat-syarat bagi kami untuk membuat laporan sebagaimana yang diatur dalam UU ITE," ujar Minola.

Laporan Ayu Ting Ting hari ini telah teregister di Polda Metro Jaya. Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/B/5310/X/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA, Tanggal: 26 Oktober 2021.

Pihak Ayu Ting Ting sebelumnya telah melaporkan pemilik akun Instagram @gundik_empang dengan Pasal 315 KUHP tentang penghinaan. Pengacara Ayu Ting Ting, Minola Sebayang, mengatakan kliennya tidak membuka ruang mediasi atas laporannya kepada akun Instagram @gundik_empang.

"Pidana itu tidak ada mediasi, cuma kalau kita pakai UU ITE disarankan mediasi. Tapi kita tidak masuk ke sana, kita masuknya ke pidana umum," sebut Minola.

Lihat juga video 'Orang Tua Ayu Ting Ting Diadukan ke KPAI, Ada Apa?':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mei)