Ini Alasan Bupati Bogor Ngotot Bangun Jalur Puncak 2

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 23 Mar 2022 13:24 WIB
Mobil plat Jakarta gunakan jalur Puncak 2 hindari Gage
Jalur Puncak 2 (Ismet Selamet/detikcom)

Mulyadi sempat melihat kondisi Puncak saat macet horor di libur Isra Mikraj beberapa waktu lalu. Dia menyampaikan juga untuk membuat sodetan di exit Tol Caringin dan Cigombong menuju jalur Puncak.

Mulyadi mengaku juga pernah menggunakan motor untuk melintasi jalur Puncak guna melihat titik kemacetan di jalur Puncak.

"Hanya untuk memastikan jalur Puncak itu simpul macetnya di mana. Saya lihat dari Ciawi, Cibogo, Cisarua, simpul macet puluhan tahun itu-itu aja," ucapnya.

Polisi Kaji Kapasitas Maksimal Jalur Puncak 2

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menjelaskan beberapa kondisi lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, serta rencana ke depannya mengatasi kemacetan.

Dicky menjelaskan, upaya mengurai kemacetan jalur Puncak yang saat ini telah dilakukan pihaknya, seperti penerapan ganjil-genap dan one way. Ke depan, pihaknya berencana menggelar kajian untuk melihat kapasitas maksimal Jalur Puncak.

"Mungkin dalam bulan-bulan ke depan, kami akan lakukan razia pribadi bersama dengan Korlantas akan menerapkan pengkajian untuk mengetahui berapa kapasitas maksimal dari jalur Puncak," kata Dicky dalam webinar itu.

Hal itu disampaikannya setelah bercerita bahwa jalur alternatif kawasan Puncak sudah terlalu padat. Dia mengecek langsung bagaimana kondisinya.

"Jalur alternatif sendiri itu tidak cukup untuk menampung, setiap one way berjalan, saya patroli di jalur alternatif dan itu sudah cukup padat. Bisa disampaikan bahwa jalur alternatif sendiri sudah tidak sanggup menampung," terangnya.

Dicky juga berharap jalur alternatif lain menuju kawasan Puncak disediakan, misalnya jalur Puncak 2.

"Sejalan dengan masukan Bupati dan Pak Mulyadi, kami juga berharap disediakan jalur alternatif lain bagi masyarakat yang akan mengunjungi Puncak. Tadi sudah disebutkan mungkin terkait jalur Puncak 2," tuturnya.

Dicky juga menyampaikan faktor teknis kondisi penyebab kemacetan jalur Puncak. Dia menyebut ada 15 persimpangan besar di Puncak sehingga juga memicu kepadatan.


(jbr/jbr)