ADVERTISEMENT

Pasar Turi Surabaya Beroperasi Lagi, Waket DPRD Harap Kembali Ramai

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 23 Mar 2022 11:58 WIB
Pasar Turi Surabaya Buka Lagi, Waket DPRD Harap Bisa Kembali Ramai
Foto: Dok. DPRD Surabaya

Reni juga menjelaskan ada beberapa kriteria pedagang yang bisa masuk yakni mereka yang sudah punya stand dan membeli stand otomatis sudah punya kunci. Kemudian yang belum punya stand karena tidak ada hak membeli (bukan korban kebakaran).

"Untuk pedagang lama ada harga khusus dan lebih murah. Dan pedagang lama diperkenankan masuk. Yang terpenting syaratnya bisa memenuhi," ungkap Reni.

Salah satu pedagang Sisilia mengaku senang atas dibukanya Pasar Turi Baru ini. Pasalnya selama 53 tahun ia sudah menjadi pedagang di Pasar Turi lama. Bahkan ia merasakan kebakaran beberapa kali, barang dagangannya pun ludes terbakar.

Ia memutuskan untuk tetap berjualan di Pasar Turi. Sudah 6 tahun ia menjadi penghuni Pasar Turi Baru atau sejak tahun 2016 lalu ia berada di dalam Pasar Turi Baru. Dengan menjual rumahnya untuk dibelikan stand. Kini ia sudah mempunyai dua stand. Satu dikontrakan satu untuk ia berdagang.

"Saya senang sekali Pasar Turi Baru ini sudah dibuka. Terima kasih buat Pemkot dan DPRD untuk supportnya," ujar Sisilia.

Sementara itu Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Moch Awaludin Arief mengatakan pihaknya sudah memberikan surat edaran kepada 157 pedagang untuk segera memindahkan barang dagangannya sejak Jumat lalu (18/3). Dikarenakan pihaknya juga akan membongkar tempat penampungan sementara (TPS) yang digunakan pedagang selama ini.

Kini, semua pedagang yang sudah berjualan di TPS selama 15 tahun sudah kembali lagi memegang kunci stand di Pasar Turi Baru.

"Jadi pembukaan Pasar Turi ini berkat kolaborasi antara Pemkot Surabaya, DPRD Kota Surabaya, pengelola, maupun pedagang. Kami mempunyai niatan untuk membuka kembali kejayaan Pasar Turi Baru sebagai icon di Surabaya," kata Awaludin.

Awaludin menjelaskan Pasar Turi Baru mempunyai sembilan lantai. Tiga lantai digunakan untuk area parkir. Enam lantai untuk area komersil. Untuk luas bangunan tersebut 192 ribu meter persegi. Sedangkan luas lahan 22 ribu meter persegi.

Awaludin mengakui penampilan Pasar Turi Baru saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya Pasar Turi mempunyai fasilitas dan tingkat kenyamanan seperti mal.

"Sudah nyaman sekarang. Sudah seperti mal. Apalagi parkirannya bisa buat bongkar muat barang. Bisa menampung 1800 mobil. Dan 2500 motor," tandas Awaludin.


(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT