Kelurahan Buka Layanan Malam, Ketua DPRD Surabaya: Berikan Layanan Cepat

Atta Kharisma - detikNews
Rabu, 16 Mar 2022 16:48 WIB
Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono
Foto: dok. DPRD Surabaya
Jakarta -

Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono meninjau layanan malam yang diadakan kantor Kelurahan Kupang Krajan, Sawahan, Jawa Timur. Ia pun mengapresiasi kegiatan tersebut karena dinilai mampu menjawab berbagai keluhan dari masyarakat.

Dalam tinjauannya Adi didampingi Lurah Kupang Krajan Herman Felani dan Camat Sawahan M. Yunus. Herman yang baru ditugaskan sejak Januari lalu mengatakan layanan malam ini diadakan setiap Jumat dan digelar secara bergilir.

"Kami mengadakan pelayanan malam setiap hari Jumat, dilakukan bergilir. Hari ini giliran RW 3, ditempatkan di Balai Gotong Royong," ujar Herman dalam keterangan tertulis, Rabu (16/3/2022).

Adapun layanan yang diberikan antara lain pengambilan Kartu Indonesia Anak (KIA) dan E-KTP, konsultasi masalah administrasi kependudukan, konsultasi BPJS/MBR, IMB, waris dan pengurusan tanah, serta layanan lainnya.

Sementara itu, M. Yunus menjelaskan layanan malam diperuntukkan bagi warga yang pagi harinya bekerja dan tidak bisa datang ke kantor kelurahan.

"Setiap hari, di kawasan Kecamatan Sawahan, digelar layanan malam untuk warga yang pagi harinya bekerja, dan tidak bisa ke kantor kelurahan. Sehingga urusan-urusan masyarakat dapat diselesaikan aparatur kami," terangnya.

Layanan malam dilakukan aparat kelurahan dengan terjun ke kampung, biasanya di balai pertemuan atau balai RW. Layanan malam di kawasan Kecamatan Sawahan tersebut digelar di Kelurahan Kupang Krajan, Petemon dan Banyu Urip.

M. Yunus mengungkapkan layanan malam di kampung itu merupakan instruksi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

"Pesan sekaligus instruksi Wali Kota Surabaya, Pak Eri Cahyadi, lurah dan camat tidak saja harus paham lapangan. Tapi juga harus dekat dengan warga, memahami persoalan-persoalan warga, dan bisa menangani," ungkapnya.

Ketua LPMK Kupang Krajan Joko Prasektyo yang turut hadir pada malam itu memaparkan lurah dan camat dengan warga sangat membantu menyelesaikan persoalan-persoalan di kampung.

"Biasanya di wilayah kami, disosialisasikan dulu oleh Ketua RW dan RT-RT kepada warga tentang adanya layanan malam dari kantor kelurahan. Layanan malam ini sangat membantu warga masyarakat," kata Joko.

Pada kunjungan malam itu, layanan malam di Kelurahan Kupang Krajan menangani pengambilan 12 Kartu Induk Anak, pengambilan KTP sebanyak 2 buah, dan konseling tentang akta kelahiran kepada 3 orang warga.

"Ada 2 warga tadi yang juga mengambil surat keterangan usaha," tambah Joko.

Sedangkan menurut Adi layanan malam yang digelar Kelurahan Kupang Krajan tak hanya memberikan pelayanan yang cepat tapi juga mendekatkan lurah dan camat dengan warga, sehingga memangkas rantai birokrasi.

"Layanan malam ini juga mendekatkan lurah dan camat dengan warga, memangkas rantai birokrasi, sekaligus memberi pelayanan kepada warga dengan cepat. Saya berharap warga masyarakat memanfaatkan maksimal layanan malam ini," ucapnya.

Ia menambahkan jika semua kelurahan di Kota Surabaya memberlakukan layanan malam, maka semakin banyak pula persoalan warga yang dapat diselesaikan.

"Layanan malam ini juga memperkuat sinergitas antara birokrasi pemerintahan dengan unsur-unsur masyarakat, serta dapat menggerakkan partisipasi publik dalam pembangunan," imbuh Adi.

Adi menegaskan kultur modern pemerintahan saat ini menempatkan pejabat-pejabat termasuk lurah dan camat sebagai pelayan warga masyarakat.

"Sebagai pamong praja atau pelayan warga masyarakat. Bukan sebagai pangreh praja yang memerintah dan dilayani warga," pungkasnya.

Lihat juga video 'Jokowi Resmikan Layanan Izin Online Terpadu: Saya Tak Mau Lagi Ada Suap!':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)