ADVERTISEMENT

Pasar Turi Surabaya Beroperasi Lagi, Waket DPRD Harap Kembali Ramai

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 23 Mar 2022 11:58 WIB
Pasar Turi Surabaya Buka Lagi, Waket DPRD Harap Bisa Kembali Ramai
Foto: Dok. DPRD Surabaya
Jakarta -

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti mengunjungi Pasar Turi Baru, Selasa (22/3). Dalam kesempatan itu, Reni bertemu dan berbincang langsung dengan para pedagang yang ada di lantai 1 dan memborong barang seperti piring plastik hingga baju.

"Saya hadir di sini untuk memberikan support langsung kepada Pemkot Surabaya yang sudah memfasilitasi pedagang untuk berdagang kembali di Pasar Turi Baru," kata Reni dalam keterangan tertulis, Rabu (23/3/2022).

Seperti diketahui, Pasar Turi Baru saat ini sudah kembali beroperasi, sejak dibuka secara resmi oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Senin (21/3) lalu. Para pedagang yang sebelumnya berada di tempat penampungan sementara (TPS), kini sudah mempersiapkan diri untuk berpindah ke Pasar Turi Baru.

Menurut Reni, Pasar Turi merupakan ikon Surabaya yang tak bisa dilepaskan, sebagai pusat grosir terbesar di Indonesia Timur. Reni optimistis Pasar Turi Baru ini bisa memberikan dampak bagi kehidupan ekonomi Surabaya.

Bahkan beberapa kali ia ngobrol dengan para pedagang. Pedagang juga banyak berharap pasar legendaris itu kembali ramai seperti 15 tahun silam.

"Tadi ngobrol dengan pedagang. Harapannya bisa kembali ramai lagi seperti masa kejayaan Pasar Turi dulu," ujar Reni.

Jumlah stan di Pasar Turi Baru mencapai 6.424 unit dengan tand yang sudah terjual dari pedagang lama mencapai 3.780 stand. Sedangkan pedagang baru diluar dari korban kebakaran mencapai 1.500 pedagang.

Reni menjelaskan selama ini Pemkot Surabaya sudah dapat mengurai permasalahan yang ada di pasar legendaris itu. Dengan keberadaan bangunan secara fisik yang ditempati oleh pedagang maka akan menjadi kepercayaan diri bagi pedagang maupun pembeli.

Dengan sistem bangun guna serah selama 30 tahun. Ia berharap pengelola atau manajemen Pasar Turi Baru ini bisa lebih baik.

"Bangunan Pasar Turi Baru ini asetnya milik Pemkot yang dikelola oleh swasta dengan sistem bangun guna serah. Artinya setelah 30 tahun aset ini bisa diserahkan ke Pemkot. Jadi saya harapkan pengelolaan ini bisa baik. Baik pengelola maupun pedagang juga sama-sama untung," harapnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya. Langsung klik



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT