ADVERTISEMENT

Tower BTS di Pancoran Mas Roboh, Walkot Depok Soroti Izin-Pengawasan

Dwi Rahmawati - detikNews
Selasa, 22 Mar 2022 19:56 WIB
Wali Kota Depok M Idris (Nahda-detikcom)
Wali Kota Depok M Idris (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Depok Mohammad Idris buka suara terkait robohnya tower base transceiver station (BTS) atau menara telekomunikasi yang menimpa kontrakan di Jalan Masjid Lio, Pancoran Mas. Dia menyoroti pengurusan izin dan pengawasan.

"Secara umum saya sudah komunikasi dengan provinsi bahwa izin telekomunikasi diberikan kewenangan walaupun tidak sepenuhnya kepada pemerintah daerah," papar Mohammad Idris di Balai Kota Depok, Selasa (22/3/2022).

Hal tersebut masih menjadi evaluasi Pemkot Depok. Pasalnya, perizinan pemasangan tower hingga kabel ada di pihak Pemprov. Namun, lanjut dia, pemasangan jadi masalah karena kurangnya perawatan.

"Ini yang jadi masalah kabel-kabel seliweran nggak jelas, apalagi di kampung-kampung, ternyata memang mereka sudah mengantongi izin. Provinsi ngasih izin begitu saja tanpa mengawasi di lapangan. Ini menjadi masalah, termasuk tower," bebernya.

Ia meminta perizinan diberikan ke Pemkot Depok supaya dipermudah untuk dilakukan tindak lanjut. Entah dari segi pengawasan, pemberian rekomendasi, atau keterkaitan dengan masalah infrastruktur di Kota Depok.

"Kami minta agar diberikan kewenangan atau rekomendasi, tetap perizinan yang mengesahkan Gubernur. Tapi kami meminta diberi kewenangan, masalah infrastruktur, masalah rekomendasinya dari Dinas PUPR misalnya," sambungnya.

Idris menyebut sudah menyampaikan secara lisan masukan tersebut dan bakal bersurat ke gubernur.

"Saya juga sudah menyampaikan secara lisan, dan nanti saya akan bersurat kepada gubernur," pungkasnya.

Seperti diketahui, tower BTS atau menara telekomunikasi milik Telkomsel di Jalan Masjid Lio, Pancoran Mas, Depok, roboh. Dua unit rumah kontrakan milik warga porak-poranda.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi pukul 16.30 WIB, Senin (21/3), bagian rumah kontrakan kedua dari ujung mengalami rusak pada bagian asbes. Puing atap jatuh hingga menutupi lantai rumah di bagian tengah.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT