Bertemu Delegasi Parlemen Korsel, Puan Kaget Diberi Album BTS

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 22 Mar 2022 17:24 WIB
Puan Maharani dapat album BTS (Rakha-detikcom)
Puan Maharani dapat album BTS (Rakha/detikcom)
Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi parlemen Korea Selatan (Korsel) di sela forum IPU ke-144 di Bali. Puan mengatakan dirinya berdiskusi mengenai pemindahan ibu kota negara.

"Saya bertemu dengan yang secara bilateral. Mereka (Korea) banyak menawarkan tentu saja pengalaman mereka saat memindahkan ibu kotanya salah satunya di Korea. Ternyata sudah pernah terjadi pemindahan ibu kota administrasi," kata Puan kepada wartawan seusai pertemuan bilateral dengan delegasi Korsel di IPU ke-144 Bali, Selasa (22/3/2022).

Puan menyebut dirinya bertukar pengalaman mengenai pemindahan ibu kota negara dengan Korsel. Dia mengatakan ibu kota administrasi Korsel disebut Puan pernah dipindahkan dari Seoul ke Sejong.

"Memang itu yang kemudian mereka tambahkan bisa bertukar pikiran, bertukar pengalaman bagaimana kemudian cara mereka memindahkan ibu kota administrasi ke Sejong," terang Puan.

Puan mengatakan Indonesia bisa mengambil pelajaran dari Korsel mengenai pemindahan ibu kota negara. Dia menyebut pemindahan ibu kota harus mendapat dukungan politik yang kuat.

"Saya tidak belum mendapatkan datanya karena kan baru bicaranya singkat sekali. Cuma saya bisa menangkap mereka mengatakan bahwa dalam suatu pemindahan itu harus dilakukan dengan strategi dan mapping cukup kuat tentu saja dukungan politik menyeluruh," jelas Puan.

Selain itu, Puan memamerkan hadiah dari delegasi Korsel, yakni CD album boyband BTS. Puan mengaku akan mendengarkan lagu-lagu BTS.

"Saya dapat ini nih, BTS. CD BTS di dalamnya baru tahu kalau kayak gini. Nanti saya dengerin," ucap Puan.

Dia merasa senang atas pemberian delegasi Korsel itu. Puan mengaku terkejut kala diberi CD BTS dalam pertemuan bilateral.

"Karena kan biasanya ketemu urusannya politik-politik terus kan. Biasanya suvenirnya itu kalau nggak suvenir kantor gedung masing-masing atau buku dan lain-lain. Ternyata, wah surprised juga saya dapatnya CD BTS," paparnya.

Lihat juga Video: Presiden Baru Korsel Ingin Pindahkan Kantor Kepresidenan

[Gambas:Video 20detik]



(rak/haf)