Anwar Usman Ketua MK Kini Jadi Calon Adik Ipar Jokowi, Ini Sosoknya

kny - detikNews
Selasa, 22 Mar 2022 11:46 WIB
Sosok Anwar Usman, Ketua MK
Sosok Anwar Usman, Ketua MK (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Anwar Usman akan menikahi adik Presiden RI Joko Widodo, Idayati. Anwar Usman saat ini menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Bahkan keluarga Presiden Jokowi diketahui telah menerima lamaran dari Anwar Usman. Berikut rangkuman detikcom tentang profil Anwar Usman, yang akan menjadi adik ipar dari Jokowi.

Anwar Usman: Merantau demi Bersekolah

Anwar Usman merupakan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI. Dilansir dari situs resmi MK, pria tersebut lahir di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Bima, NTB, pada 31 Desember 1956. Anwar pun sempat berpisah dengan orang tua dan merantau untuk melanjutkan sekolahnya.

Anwar Usman pernah menjadi guru honorer di SD Kalibaru, Jakarta, setelah lulus dari sekolah keguruan. Berikut jenjang pendidikan yang ditempuh oleh Anwar Usman.

  • SDN 03 Sila, Bima, Nusa Tenggara Barat
  • Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN)
  • S1 Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta
  • Doktor Universitas Gajah Mada

Anwar Usman: Pencinta Teater hingga Sempat Bermain Film

Selama berkuliah, Anwar aktif dalam kegiatan teater di bawah asuhan Ismail Soebarjo. Anwar juga tercatat sebagai anggota Sanggar Aksara. Dirinya sempat diajak beradu akting dalam film yang dibintangi oleh Nungki Kusumastuti, Frans Tumbuan, dan Rini S Bono pada 1980.

"Saya hanya mendapat peran kecil, namun menjadi suatu kebanggaan bisa menjadi anak buah sutradara sehebat Bapak Ismail Soebarjo, apalagi film yang berjudul 'Perempuan dalam Pasungan' menjadi Film Terbaik dan mendapat Piala Citra," kata Anwar Usman, dikutip dari situs MK, Selasa (22/3/2022).

Menurut Anwar, dunia teater banyak mengajarkan hal tentang filosofi kehidupan. Intinya, dunia teater dan film mengandung unsur edukasi yang mengajak pada kebaikan, termasuk bagaimana bersikap dan bertutur kata.

"Mengucapkan sumpah seorang diri di hadapan Presiden SBY, banyak teman yang khawatir. Tapi, alhamdulillah, berkat pengalaman saya di bidang teater, saya bisa mengatasi kegugupan dan tidak demam panggung ketika harus mengucapkan lafal sumpah," kata Anwar.

Jabatan Anwar Usman di Pemerintahan RI

Anwar Usman sempat menduduki beberapa posisi di bidang pemerintahan RI. Berikut daftar jabatan yang sempat dipegang oleh Anwar Usman.

  • Asisten Hakim Agung di Mahkamah Agung (1997 - 2003)
  • Kepala Biro Kepegawaian Mahkamah Agung (2003 - 2006)
  • Hakim Pengadilan Tinggi Jakarta (2005)
  • Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung (2006 - 2011)
  • Ketua Mahkamah Konstitusi (2 April 2018 - 2 Oktober 2020)
  • Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Periode Pertama (14 Januari 2015 - 11 April 2016)
  • Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Periode Kedua (11 April 2016 - 2 April 2018)
  • Hakim Konstitusi Periode Pertama (6 April 2011 - 6 April 2016)
  • Hakim Konstitusi Periode Kedua (6 April 2016 - 6 April 2026)

Anwar Usman Sudah Melamar Idayati

Anwar Usman diketahui telah melamar Idayati. Hal tersebut dibenarkan oleh Gibran Rakabuming, Wali Kota Solo, sekaligus putra sulung Presiden Jokowi. Gibran mengatakan lamaran dilakukan pada Sabtu (12/3/2022) pekan lalu, saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Solo.

"Iya (tanggal 12 Maret sudah lamaran)," kata Gibran saat dikutip dari laman detikJateng, Selasa (22/3/2022).

Simak juga 'Pernikahan Stafsus Jokowi Ayu Kartika di Mata MUI':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)