DKI Siap Terapkan PTM 100%, Tunggu Regulasi dari Pusat

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 22 Mar 2022 11:31 WIB
Sejumlah siswa-siswi mengikuti pembelajaran tatap muka 100 persen di kawasan SDN Rorotan 02 Pagi, Rorotan, Jakarta Utara, Kamis (27/1). Pembelajaran tatap muka ini berlangsung di tengah melonjaknya kasus Omicron.
Ilustrasi Pembelajaran Tatap Muka (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta siap menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen. Saat ini Pemprov DKI Jakarta menunggu regulasi dari pemerintah pusat.

Pemprov DKI mendapatkan kabar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah menggodok surat edaran terkait kebijakan tentang sekolah tatap muka.

"Kita sudah konsul sama bu Sekretaris Jenderal (Kemendikbud Ristek) rupanya dari pemerintah pusat sedang menyiapkan SE dari pusat terkait pemberlakuan PTM 100%," kata Kasubag Humas Disdik DKI Jakarta Taga Radja Gah saat dimintai konfirmasi, Selasa (22/3/2022).

Taga menjelaskan, hal yang sama dilakukan Pemprov DKI sewaktu lonjakan kasus COVID-19 akibat Omicron pada Februari lalu. Saat itu, Disdik DKI langsung mencabut kebijakan PTM 100% dan menggantinya dengan PTM 50% setelah menerima SE dari Kemendikbud Ristek.

"Karena waktu kami cabut PTM 100 persen berdasarkan SE tersebut," jelasnya.

"Insyaallah kalau sudah ada kebijakan pemerintah pusat, kita akan berikan rilis sesuai kebijakan pemerintah pusat," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan PTM 100 persen akan kembali digelar. Kebijakan ini didasarkan pada pelonggaran kegiatan di sejumlah sektor.

"Insyaallah, ya, nggak lama lagi (digelar) kita akan lihat ya. Sejauh ini kan udah banyak yang 100 persen, termasuk transportasi publik," kata Riza di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (21/3).

Kini Pemprov DKI masih membahas dan mengevaluasi rencana PTM 100% tersebut.

Simak Video 'Simak! Daftar Wilayah PPKM Level 1 Jawa-Bali Beserta Aturannya':

[Gambas:Video 20detik]

(taa/jbr)