Kapasitas Tempat Ibadah PPKM Level 1 Jawa-Bali 100%, Teknis Diatur Kemenag

ADVERTISEMENT

Kapasitas Tempat Ibadah PPKM Level 1 Jawa-Bali 100%, Teknis Diatur Kemenag

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 22 Mar 2022 08:04 WIB
Jakarta -

Enam daerah di Jawa-Bali mulai hari ini menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1. Kapasitas tempat ibadah di 6 daerah PPKM level 1 tersebut boleh 100 persen.

"Saat ini sudah terdapat 6 daerah dari yang sebelumnya belum ada sama sekali," ujar Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal dalam keterangan tertulis, Selasa (22/3/2022).

Status PPKM Jawa-Bali dan aturan-aturan terbarunya diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 18 Tahun 2022. Dalam Inmendagri tersebut diatur bahwa sejumlah kapasitas tempat umum, salah satunya tempat ibadah, boleh 100 persen.

Namun penerapan protokol kesehatan diminta tetap dilakukan secara ketat. Sedangkan aturan teknis secara lebih rinci dikatakan akan diatur oleh Kementerian Agama.

Untuk diketahui 6 daerah yang masuk PPKM level 1, yaitu Kabupaten Pangandaran, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Tuban, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Lamongan.

Berikut ini aturan tempat ibadah di daerah dengan PPKM level 1:

j. tempat ibadah (Masjid, Musholla, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah selama masa penerapan PPKM Level 1 (satu) dengan maksimal 100% (seratus persen) kapasitas dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan memperhatikan ketentuan teknis dari Kementerian Agama.

(dwia/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT