ADVERTISEMENT

Bongkar-Pasang Legislator Senayan dari Fraksi Golkar

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Mar 2022 22:06 WIB
Ilustrasi Bendera Golkar/Antarafoto
Foto Ilustrasi Bendera Golkar (Antarafoto)
Jakarta -

Bongkar-pasang susunan legislator di Alat Kelengkapan Dewan dilakukan Fraksi Golkar DPR RI. Kini, bongkar-pasang penempatan anggota DPR dari Golkar dikembalikan seperti semula.

Rombak merombak legislator Senayan dari Fraksi Golkar terungkap saat DPR RI melalui Komisi XI menggelar uji kepatutan dan kelayakan calon anggota BPK RI. Rotasi anggota Fraksi Golkar DPR RI ini tertuang dalam Surat Fraksi Partai Golkar DPR RI Nomor SJ.00.1105/FPG/DPRRI/III/2022 yang ditandatangani Ketua Fraksi Golkar DPR RI Kahar Muzakir dan Sekretaris Fraksi Golkar DPR RI Adies Kadir, per 17 Maret 2022.

Keputusan ini dibenarkan oleh Bobby Adhityo Rizaldi, anggota DPR yang termasuk dirotasi. Bobby yang sebelumnya mengawal Komisi I dipindah ke Komisi XI DPR. Total ada 7 anggota Fraksi Golkar yang baru dipindah ke Komisi XI DPR saat itu.

"Iya, banyak teman saya dari partai lain juga, Farhan NasDem dari Komisi I juga ke sana dan beberapa kawan lain," kata Bobby kepada wartawan, Kamis (17/3/2022).

Diperkenalkan Komisi XI DPR

Ketujuh anggota Komisi XI baru dari Fraksi Golkar kemudian diperkenalkan saat uji kelayakan atau fit and proper test calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Perkenalan itu dilakukan di sela uji kelayakan anggota BPK RI, Priyono Dwi Nugroho. Setelah Priyono Dwi Nugroho memaparkan penjelasannya, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie memperkenalkan 12 anggota Komisi XI baru, tujuh di antaranya dari Golkar.

Ketujuh orang itu adalah Bobby Adhityo Rizaldi, Zulfikar Arse Sadikin, Lamhot Sinaga, Hanan A Rozak, Teti Rohatiningsih, Bambang Hermanto, dan Adde Rosi Khoerunnisa.

Susunan Dikembalikan

Senin (21/3), Fraksi Partai Golkar DPR RI diketahui kembali merotasi anggotanya. Susunan anggota Fraksi Golkar DPR kembali seperti ke formasi awal periode 2019-2024.

Rotasi terbaru ini tertanggal 21 Maret 2022. Ada 15 anggota yang dirotasi yang intinya mengembalikan anggota sesuai dengan formasi awal.

Mukhamad Misbakhun mengkonfirmasi rotasi ini. Dia menjadi salah satu yang dirotasi dari Komisi XI ke Komisi IV saat itu. Pada rotasi terbaru ini, dia dikembalikan ke Komisi XI DPR.

"Sepertinya begitu (ada rotasi)," kata Misbakhun kepada wartawan, Senin (21/3/2022).

Mibakhun mengatakan rotasi itu merupakan kewenangan pimpinan fraksi. Dia menerima apa pun yang diarahkan pimpinan fraksi.

"Soal itu pimpinan fraksi yang punya kewenangan untuk melakukan. Saya hanya mengikuti saja semua kebijakan yang diambil oleh pimpinan fraksi," ujarnya.

Berikut ini urutan rotasi anggota Fraksi Golkar DPR RI.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT