Haris-Fatia Dicecar soal Riset Terkait 'Bisnis Tambang Luhut Papua'

ADVERTISEMENT

Haris-Fatia Dicecar soal Riset Terkait 'Bisnis Tambang Luhut Papua'

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 21 Mar 2022 21:11 WIB
Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti
Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti telah selesai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam pemeriksaan tersebut, Haris dan Fatia ditanya penyidik soal riset yang mengaitkan Luhut Pandjaitan dengan bisnis tambang di Papua.

"Secara substantif Fatia dan Haris tadi menyampaikan hal-hal yang lebih detail, termasuk juga dokumen-dokumen pendukung terkait dugaan skandal kejahatan ekonomi yang diduga melibatkan Pak LBP sebagaimana itu yang sudah ada dalam hasil riset," kata pengacara Haris Azhar, Nurkholis Hidayat, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/3/2022).

Nurkholis mengatakan Haris dan Fatia mendapatkan puluhan pertanyaan. Dia menyebut kliennya telah menjawab semua pertanyaan penyidik dengan lugas.

Selain itu Nurkholis juga menyebut penyidik menanyakan maksud kata 'bermain' yang disampaikan Fatia dalam konten YouTube yang menjadi dasar laporan Luhut.

"Tadi Fatia juga jelaskan secara detil apa yang dimaksud dengan 'bermain'. Memang pada faktanya itu adalah cara sederhana untuk menjelaskan kepada publik begitu rumitnya praktik persoalan bisnis di Papua yang telah sebabkan penderitaan di masyarakat Papua. Itu cara dia (Fatia) dalam menyederhanakan penyampaian," jelas Nurkholis.

Fatia sendiri mengaku penyidik mencecarnya perihal riset yang menjadi dasarnya dalam mengungkap keterlibatan Luhut di bisnis tambang Papua.

"Kalau berdasarkan hasil pemeriksaan tadi memang kebanyakan berbeda dengan sebelumnya, tapi memang kalau di pertanyaan saya banyak yang mengaitkan dengan riset dan pernyataan. Jadi semua dapat dijawab," jelas Fatia.

Sementara itu Haris mengaku penyidik lebih banyak menanyakan soal konten YouTube yang dilaporkan pihak Luhut. Haris mengaku hanya ada satu pertanyaan yang ditanyakan penyidik terkait riset yang telah mereka lakukan.

"Nggak ada materi soal materi riset. Tapi kami menjelaskan dan akhirnya jawaban kami soal riset bisa masuk ke berita acara. Ada satu pertanyaan soal perusahaan-perusahaan-perusahaan tambang dan kita sudah jelaskan semua bukan hanya dari riset tapi juga bahan dasar dari riset itu untuk ditulis," ungkap Haris.

Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti kini telah selesai diperiksa. Keduanya tidak ditahan.


Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT