ADVERTISEMENT

PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi 2 Pekan

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 21 Mar 2022 20:57 WIB
Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA.
Foto Safrizal (Dok. Kemendagri)
Jakarta -

Pemerintah memperpanjang kembali pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali. Perpanjangan dilakukan hingga dua pekan ke depan.

"(PPKM) diperpanjang, 2 minggu," kata Dirjen Administrasi Wilayah Kemendagri, Safrizal, saat dikonfirmasi, Senin (21/3/2022).

Atas kebijakan perpanjangan tersebut, PPKM di Jabodetabek akan berlaku hingga 4 April nanti.

Namun belum diketahui rincian daerah dan level PPKM yang diterapkan di Jawa dan Bali.

Aturan soal PPKM Jawa-Bali terakhir diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 16 Tahun 2022 yang berlaku pada 15-21 Maret.

Kondisi PPKM Jawa-Bali Sebelumnya

Sebelumnya, Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal, menyebut kondisi pandemi di Indonesia telah membaik. Kondisi perekonomian masyarakat disebutnya sudah menggeliat.

"Dari evaluasi yang dilaksanakan kepada pemerintah daerah menunjukkan bahwa penanggulangan COVID-19 di Indonesia memperlihatkan tren yang terus membaik dengan adanya penurunan jumlah kasus harian, serta mulai menggeliatnya roda perekonomian di berbagai wilayah melalui kebijakan relaksasi yang diterapkan oleh pemerintah," kata Safrizal dalam keterangannya, Selasa (15/3).

Pada penerapan PPKM lewat Inmendagri 16/2022 ini, ada banyak daerah yang turun ke level dua dari 37 daerah menjadi 55 daerah. Sedangkan daerah yang berada di Level 3 yang semula berjumlah 84 daerah menjadi 66 daerah.

Sedangkan untuk daerah Level 4 belum mengalami perubahan dari Inmendagri Nomor 15 Tahun 2022, yaitu tetap 7 daerah. Selain itu, belum ada daerah di wilayah Jawa dan Bali yang masuk Level 1.

(dek/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT