ADVERTISEMENT

Aksi Jokowi saat Gelaran MotoGP Mandalika: Lepas Parade, Serahkan Trofi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Mar 2022 06:00 WIB
Presiden Jokowi di Mandalika
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat gelaran MotoGP Mandalika 2022 menyita perhatian publik. Jokowi melepas parade pebalap MotoGP di Jakarta hingga menyerahkan trofi juara di podium Sirkuit Mandalika.

Jokowi Pamerkan Motor ke Pebalap

Jokowi sebelumnya beraudiensi dengan pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kepada Marc Marquez dk, Jokowi memperkenalkan motor RI 1.

Para pebalap MotoGP tiba di Istana Negara dan langsung disambut oleh Presiden Jokowi. Pertemuan itu disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/3/2022).

Jokowi dan para pebalap MotoGP tampak berbincang dengan Jokowi. Sesekali mereka tertawa ringan.

Ada 20 pebalap yang hadir di Istana Merdeka ini. Sebanyak 16 orang adalah pebalap MotoGp dan 2 pebalap Moto2, 1 pebalap Moto3, 1 pebalap IATC berasal dari Indonesia.

Marc Marquez, Pol Espargaro dan kawan-kawan kemudian berfoto dengan Presiden Jokowi secara bergantian di dalam Istana Merdeka. Juga hadir dalam audiensi ini CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

Seusai sesi foto tersebut, Presiden Jokowi memperlihatkan motor RI 1 Kawasaki W175 di halaman Istana. Kepada Marc Marquez, Jokowi kemudian menjelaskan mengenai Motor RI 1 ini.

Tidak terlalu jelas apa yang dibicarakan Jokowi dan Marquez cs. Namun Jokowi terlihat memberikan isyarat jari telunjuk yang menunjukkan angka 1.

Jokowi kemudian menaiki motor RI 1 itu di hadapan Marquez dan kawan-kawan. Jokowi sempat menggeber motornya Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Jokowi dan para pebalap MotoGP menuju Jalan Medan Merdeka Utara. Para pebalap menaiki motor masing-masing untuk menggelar parade.

Jokowi kemudian mengibarkan bendera balap tanda iring-iringan dimulai. Para pebalap memaju motornya berbelok ke Jalan Medan Merdeka Barat menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Jokowi Tak Ikut Parade

Usai pertemuan dengan Marquez dkk, Jokowi mengaku lemas karena tidak boleh ikut naik motor. Alasan Jokowi tidak boleh ikut parade adalah keamanan.

"Saya tidak naik motor karena tidak diperbolehkan dari sisi keamanan. Jadi tadi saya lemes itu," kata Presiden Jokowi di depan Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Rabu (16/3/2022).

Simak Video 'MotoGP Mandalika Ada Kekurangan, Jokowi: Tahun Depan akan Diperbaiki':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT