Kemenkes Yakin Kasus Corona RI Turun hingga Bulan Ramadan, asal...

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 20 Mar 2022 22:29 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi
Siti Nadia Tarmizi (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Beberapa hari terakhir, tren kasus COVID-19 di Indonesia terus menurun. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yakin tren penurunan angka kasus positif COVID-19 bisa bertahan hingga bulan Ramadan mendatang.

"Kalau lihat kondisi sekarang tren penurunan," ujar juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Minggu (20/3/2022).

Nadia menjelaskan, apabila nantinya tren penurunan kasus bertahan, maka bisa saja masyarakat diperbolehkan untuk mudik saat Lebaran nanti. Namun dia mengatakan kebijakan mudik bergantung pada laju perkembangan penularan virus.

"Kalau kebijakan untuk Ramadan dan mudik masih terus disesuaikan dengan perkembangan tren laju penularan. Kalau terus tren turun maka tidak perlu pembatasan aktivitas tapi ini masih terus kita monitor menyesuaikan dengan keadaan," jelasnya.

Nadia membeberkan dua hal yang memungkinkan tren penurunan angka kasus COVID dapat berlangsung lama, yakni penerapan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi.

"Nah, ini tergantung kita kalau tetap prokes dijaga, vaksinasi dipercepat," ungkapnya.

Kasus Corona RI 20 Maret 2022

Pemerintah memperbarui data terkait kasus Corona di Indonesia. Hari ini dilaporkan ada tambahan 5.922 kasus positif COVID-19 di Indonesia.

Data perkembangan penyebaran COVID-19 ini dipublikasi di situs Kemenkes, Senin (20/3). Data ini diperbarui setiap hari dengan cut off pukul 12.00 WIB.

Dengan tambahan tersebut, jumlah total kasus COVID-19 yang ditemukan di Indonesia sejak Maret 2020 hingga hari ini menjadi 5.962.483 kasus.

(ain/drg)