Modus Pencuri Barang Pamungkas di Mandalika: Pura-pura Jadi Tamu Hotel!

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 20 Mar 2022 22:26 WIB
Sejumlah barang milik Pamungkas yang sempat digasak oleh pencuri.
Sejumlah barang milik Pamungkas yang sempat digasak pencuri di Mandalika Foto: Dok. Polda NTB
Jakarta -

Seorang terduga pelaku pencurian barang milik musisi Pamungkas di kawasan Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) berinisial JS telah diamankan pada Minggu (20/3) dini hari. Pelaku menggunakan modus berpura-pura menjadi tamu hotel.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto menerangkan tim Opsnal Polsek Sandubaya dan tim Puma Polresta Mataram langsung mengusut pelaku, setelah menerima laporan dari Pamungkas.

"Jadi pada Sabtu kemarin, menurut laporan dari saudara Rizki Rahmahadian Pamungkas atau yang dikenal dengan nama Pamungkas melaporkan kehilangan tas yang terjadi di hotel tempatnya menginap, kemudian Kepolisian bergerak cepat melacak pelaku," jelas Artanto dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (20/3/2022).

Ia menguraikan pelaku tersebut berpura-pura menjadi tamu hotel lalu beraksi saat pintu kamar tempat Pamungkas menginap tidak terkunci.

"Dari rekaman CCTV, pelaku terlihat dua kali bolak balik ke kamar hotel, modus pelaku adalah berpura-pura menjadi tamu kamar, kemudian menyurvei pintu kamar hotel, adapun kemudian salah satu kamar ternyata tidak terkunci dan pelaku kemudian mengambil tas korban," papar Artanto.

Artanto mengungkapkan ada beberapa barang yang dicuri. Kerugian yang dialami Pamungkas ditaksir mencapai Rp 100 juta.

"Kerugian kurang lebih 100 juta, yang dicuri ada kamera digital, dompet yang berisi kartu ATM dan kartu lainnya, 2 unit charger laptop, 1 charger kamera, kacamata merk dior dan smartwatch merek Apple," imbuh Artanto.

Terkait kemungkinan ada korban lainnya, Artanto menyatakan pihaknya masih mengembangkan kasus tersebut.

"Masih dikembangkan karena ada modus yang sama di dua hotel lainnya di daerah Mataram juga," sebut Artanto.

Adapun pelaku yang berasal dari Surabaya tersebut kemudian disangkakan pasal 363 KUHP tentang pencurian.

(akd/ega)