Kualitas SDM Mumpuni Disebut Tarik Minat Investor ke RI

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 19 Mar 2022 19:23 WIB
Pelatihan Vokasi
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai kehadiran pelatihan vokasi dari Kementerian Ketenagakerjaan menjadi solusi untuk percepatan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja terampil dan tersertifikasi. Dengan SDM yang andal maka dapat menarik investor untuk menanamkan modal di Indonesia.

"Untuk itu, perbaikan produktivitas tenaga kerja hanya dapat dilakukan dengan dukungan kualitas SDM yang mumpuni. Kualitas SDM yang mumpuni akan mendorong produktivitas yang lebih baik, dan tentunya akan menjadi pertimbangan utama investor dalam dan luar negeri ketika akan menanamkan modalnya di Indonesia," ujar Airlangga dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/3/2022).

Dalam acara Kick off Pelatihan Vokasi Tahun 2022 di BPVP Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat hari ini, dia merinci 5 manfaat investasi dalam konteks ketenagakerjaan. Yakni, investasi membuka lapangan kerja, memperbesar peluang alih teknologi dan pengetahuan, memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM), mendorong peningkatan produktivitas, serta menyumbang pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, Airlangga juga menekankan pentingnya mengakselerasi transformasi digitalisasi, baik transformasi pekerjaan, transformasi keterampilan, maupun transformasi masyarakat.

"Kita semua termasuk tenaga kerja Indonesia harus bersiap dan terbiasa dalam menghadapi pola pengembangan diri sepanjang hayat. Artinya pelatihan vokasi re-skilling dan up-skilling ini sangat penting sebagai 'long life learning' atau sebagai bagian dari upaya menjaga keseimbangan kerja dan hidup saat ini hingga masa datang," tutur dia.

Di sisi lain, Airlangga juga mengapresiasi insan pelatihan vokasi. Serta dunia usaha dan industri yang ikut mendukung pelatihan vokasi di Indonesia.

"Saya berharap kontribusi dan kolaborasi semua pihak terus kita dorong bersama untuk memastikan penyiapan SDM Kompeten dan berdaya saing global yang lebih baik ke depan," tandasnya.

Pada kesempatan ini pula, Airlangga juga sempat menyapa sekaligus berdialog interaktif secara daring dengan perwakilan BPVP Banda Aceh, Sorong, terkait kesan dan pesan selama mengikuti pelatihan.

(fhs/ega)