Dirjen Bina Pemdes Cek Kesiapan Sarana Desa Wisata Gunung Mutis di NTT

Dea Duta Aulia - detikNews
Sabtu, 19 Mar 2022 13:50 WIB
Desa Wisata di NTT
Foto: Kemendagri
Jakarta -

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengunjungi Desa Wisata Gunung Mutis, Desa Fatumnasi di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kunjungan tersebut bertujuan untuk meninjau kesiapan sarana dan prasarana yang ada di kawasan tersebut dan memetakan kebijakan pemerintah desa.

"Desa Wisata Gunung Mutis merupakan salah satu destinasi unggulan di NTT. Dengan daya tarik utamanya bagi wisatawan adalah panorama padang sabana yang luas dan indah," kata Yusharto dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/3/2022).

Ia mengatakan tunjungan ini merupakan arahan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk mengetahui kondisi desa dan merumuskan kebijakan yang tepat terkait pemerintah desa ke depannya.

"Ini menjadi satu berkah bagi kami karena amanat bapak menteri untuk mendatangi desa dan mempelajari kondisi desa seperti apa adanya dan dari sanalah kita diminta untuk merumuskan berbagai hal yang akan menjadi arahan kita kepada pemerintah desa," tambahnya.

Dalam kunjungan tersebut, Yusharto tidak segan memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Fatumnasi yang sukses mengembangkan desa wisata berbasis agrowisata melalui beragam keunggulan produk seperti kacang-kacangan, sayur, dan ternak. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Yusharto menjelaskan saat ini, desa diberikan hak untuk merumuskan sendiri apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Untuk merumuskan kepentingan warga desa perlu melalui proses musyawarah desa (Musdes) agar semua pihak terlibat.

"Forumnya apa yaitu adalah musyawarah desa (Musdes) dilibatkan semua orang-orang dalam proses musyawarah desa di sanalah keputusan tertinggi tentang kegiatan desa itu diambil lalu dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa," tutup Yusharto.

(ncm/ega)