Sentul City Apresiasi DPR ke Bojong Koneng: Buka Kondisi Sebenarnya

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 18 Mar 2022 16:45 WIB
Warga Desa Bojong Koneng, Bogor, Bertemu Komisi III DPR
Warga Desa Bojong Koneng, Bogor, Bertemu Komisi III DPR (Rizky/detikcom)
Jakarta -

Sentul City mengapresiasi kunjungan Komisi III DPR RI ke Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, kemarin. Kedatangannya dianggap akan membuka kondisi sebenarnya terkait konflik lahan yang terjadi.

"Kedatangan para wakil rakyat itu dapat membuka secara terang benderang kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan," kata Head of Corporate Communication PT Sentul City, David Rizar Nugroho, melalui keterangan tertulis, Jumat (18/3/2022).

Kedatangan Komisi III DPR tersebut dikatakan bersamaan dengan pihaknya yang sedang menggelar program penataan bertajuk 'Green Village' untuk warga Desa Bojong Koneng dan Cijayanti.

"Kedatangan para wakil rakyat momentumnya sangat pas ketika kami sedang konsentrasi untuk melaksanakan penataan kampung hijau (green village, red) untuk warga asli di Desa Bojong Koneng dan Cijayanti. Bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor," tuturnya.

David mengatakan program tersebut merupakan wujud komitmen Sentul City terhadap warga asli Bojong Koneng dan Cijayanti yang telah mendiami lahannya secara turun-temurun. Dia menginginkan warga memiliki alas hak atas tanahnya secara legal.

"Kita ingin warga asli di Bojong Koneng dan Cijayanti melalui program Kampung Hijau mereka tak hanya memiliki alas hak atas tanahnya yang legal, tapi juga kualitas lingkungan dan kehidupannya meningkat," ungkapnya.

Sebelumnya, rombongan anggota Komisi III DPR datang ke Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk mendengarkan aduan warga soal konflik lahan dengan Sentul City. Komisi III bakal memanggil Sentul City untuk meminta keterangan soal masalah yang terjadi.

"Insyaallah minggu depan kita akan mengundang pengembang (Sentul City) ke DPR RI untuk kita tanyakan apakah benar yang disampaikan masyarakat," kata Wakil Komisi III DPR RI Adies Kadir kepada wartawan kemarin.

Merespons hal tersebut, Sentul City siap menerima panggilan DPR.

"Iya (kita akan penuhi panggilan DPR), kita menghormati DPR sebagai lembaga negara," ucap Head of Corporate Communication PT Sentul City, David Rizar Nugroho, kemarin.

(maa/maa)