detikcom Do Your Magic

Agar Tak Lagi Banjir Sepekan di Duren Sawit, Got Bakal Diperdalam

Mulia Budi - detikNews
Kamis, 17 Mar 2022 16:31 WIB
Pengerukan got yang sebabkan banjir di Duren Sawit, Jakarta Timur.
Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur sedang mengeruk got. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Got yang sempat mampet dan mengakibatkan banjir di permukiman Jl Haji Dogol, Duren Sawit, Jakarta Timur, akan diperdalam. Jadi, wilayah permukiman tidak gampang terkena banjir.

"Sedang diupayakan untuk bisa kering, makanya SDA juga coba upayakan lagi, digali sekitar 60 cm sampai 80 cm tadi tuh, mudah-mudahan bisa kering," ujar Ketua RT 16 RW 07, Pondok Bambu, Iwan, saat ditemui di lokasi banjir, Kamis (17/3/2022)..

Iwan menilai saluran air akan efektif jika kedalaman got lebih dari 80 cm. Tidak akan ada lagi genangan di permukiman warga.

"Pengerukannya kurang dalam jadi air belum sepenuh-penuhnya untuk bisa mengalir ya, masih ada kan beberapa genangan kalau dilihat tadi tuh masih ada genangan harusnya kalau nggak salah tadi dari tim SDA-nya bilang mau digali sekitar 80 cm lagi," tambahnya.

Iwan mengklaim, dari tiga RT yang tergenang, dua RT sudah kering. Sedangkan di RT 16, yang merupakan wilayahnya, genangan sudah lumayan surut dan tinggal dibersihkan.

"Kalau untuk saat ini sudah tidak ada genangan di RT 7 dan RT 15 saya sudah konfirmasi ke mereka, sudah tidak ada genangan. Kalau untuk di RT 16 sendiri sudah tidak ada juga, hanya tinggal di halaman aja halaman depannya aja," katanya.


Banjir Sepekan

Seperti diketahui, sebelum adanya pengerukan got, permukiman di Jl Haji Dogol terendam banjir selama sepekan. Banjir tidak surut efek got yang mampet.

Menurut warga sekitar, Handoko, yang rumahnya juga terendam, banjir tersebut sudah terjadi dalam sepekan terakhir. Air merendam rumahnya hingga mencapai 70 cm.

"Nih lihat saja, udah sepinggang itu masuk ke dalam rumah. Saya aja sampe ngungsi ke rumah saudara," ujar Handoko saat ditemui detikcom, Senin (14/3).

Setelah got dibersihkan, masalah banjir mulai teratasi. Banjir mulai surut setelah got dikeruk alat berat, berdasarkan pantauan detikcom, Selasa (15/2).

(aik/aik)