detikcom Do Your Magic

Banjir di Duren Sawit Mulai Surut, Dua RT Tidak Lagi Tergenang

Mulia Budi - detikNews
Kamis, 17 Mar 2022 15:43 WIB
Banjir di Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur mulai surut. Kamis (17/3/2022).
Foto: Mulia Budi/detikcom
Jakarta -

Banjir yang melanda kawasan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, selama sepekan kini berangsur surut. Dua RT yang terdampak sudah tidak tergenang.

"Kalau untuk saat ini sudah tidak ada genangan di RT 7 dan RT 15, saya sudah konfirmasi ke mereka, sudah tidak ada genangan. Kalau untuk di RT 16 sendiri sudah tidak ada juga hanya tinggal di halaman aja halaman depannya aja," kata Ketua RT 16, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Iwan, di lokasi terdampak banjir, Kamis (17/3/2022).

Iwan mengatakan warga sudah mulai membersihkan rumahnya dari air yang mengenang. Dia pun mengucapkan rasa terima kasih kepada dinas terkait karena banjir sudah surut.

"Kalau untuk kondisi 3 RT yang terdampak banjir ya di Pondok Bambu ini alhamdulillah untuk saat ini sudah surut airnya, sudah surut walaupun masih ada genangan sedikit, intinya ya itu, kami sudah berterima kasih banget kepada pihak terkait siapa pun itu sehingga warga kami pada saat ini sudah surut lah sudah tidak ada genangan di rumah mereka, mereka bisa mulai membersihkan gitu," tuturnya.

Selain itu, dia mengatakan pengerjaan pengerukan got hari ini tidak menggunakan alat berat. Pengerukan dilakukan secara manual oleh para pasukan biru.

"Karena alat berat pun memang sudah tidak memungkinkan untuk masuk di situ, karena dilihat ukurannya sudah terlalu tinggi ya, kalau alat berat harus dipaksakan masuk juga takutnya malam tergelincir jadi manual dikerjakannya manual oleh tim SDA," ucapnya.

Banjir di Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur mulai surut. Kamis (17/3/2022).Banjir di Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, mulai surut. Kamis (17/3/2022). (Mulia Budi/detikcom)

Rumah Mulai Dibersihkan

Pantauan detikcom di RT 16 Pondok Bambu, air masih mengenang di halaman rumah warga. Tampak sejumlah anak-anak bermain dan mencari ikan di genangan air tersebut.

Anak-anak kecil itu terlihat gembira mencari ikan pada genangan air. Mereka tampak menangkap ikan menggunakan tangannya sendiri.

Selain itu, terlihat warga tengah membersihkan rumahnya dari air yang mengenang. Tampak seorang warga sedang membersihkan barangnya dengan air bersih di teras rumahnya.

Seorang warga RT 16, Handoko, mengatakan air yang menggenangi rumahnya selama sepekan sudah surut sekitar 60 cm. Dia pun mulai membersihkan perabotan rumahnya dari air banjir.

"Udah surut 60 cm an, sekarang mungkin tinggal 10 cm," kata Handoko saat ditemui di kediamannya, Kamis (17/3/2022).

Lihat juga video 'Sungai Citarum Meluap, Ribuan KK Terdampak Banjir Baleendah':

[Gambas:Video 20detik]



Permukiman banjir sepekan. Simak di halaman selanjutnya.