Pengacara PT IAR Keberatan Tanah Rp 42 M Dilelang di Kasus Jiwasraya

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 17 Mar 2022 16:15 WIB
Ilustrasi Palu Hakim
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Pengacara PT Inti Agro Resources (IAR) dan PT Inti Kapuas International, Sandra Nangoy, keberatan tanah milik kliennya senilai Rp 43 miliar dilelang di kasus Jiwaswara. Sandra Ngangoy menepis harta itu milik Heru Hidayat terkait kasus Jiwasraya.

Berdasarkan informasi dari lelang.go.id yang dikutip detikcom, Kamis (17/3/2022), tertulis: 'Lelang 1 bidang tanah dengan total luas 238.569 m2 berikut bangunan di Kabupaten Kubu Raya'. Nilai Limit: Rp 42.567.621.000, pelaksanaan lelang 22 Maret 2022 jam 15:00 sampai dengan 22 Maret 2022 jam 16.00 WIB, info penjual Kejaksaan Agung RI Pusat Pemulihan Aset.

Tanah tersebut terletak di Desa Sungai Ambangah, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

"Saat ini PT. Inti Agro Resources dan PT. Inti Kapuas International sedang menjalani persidangan atas gugatannya di PN Jakarta Selatan," kata Sandra kepada wartawan, Kamis (17/3/2022).

Sandra menegaskan aset yang menjadi objek lelang tersebut adalah aset bermasalah dan tidak layak untuk dibeli. Ia pun menyayangkan tindakan Kejati Kalbar dan PPA Kejaksaan Agung yang menurutnya terlalu terburu-buru melakukan pelelangan dan tidak teliti dalam melakukan tracing aset.

Seharusnya, lanjut Sandra, Kejaksaan seharusnya belajar dari pengalaman saat dinyatakan lelang dan sita aset yang diduga milik Heru Hidayat oleh pengadilan pada kasus Asabri.

"Seharusnya Kejati Kalbar dan PPA Kejagung tidak terburu-buru melakukan pelelangan. Karena jika nanti Pengadilan menyatakan bahwa aset tersebut terbukti bukan milik Heru Hidayat maka kami akan meminta seluruh aset dikembalikan sebagaimana saat dilakukan penyitaan," kata Sandra.

Rencananya ikut dilelang juga dua bidang tanah dan bangunan atas nama PT Istana Bahari yang terdapat Jl. Gang Parit Baru, Desa Jawa Tengah Kec. Sungai Ambawang Kab. Kubu Raya dengan nilai limit yang ditetapkan senilai Rp 1.730.024.000.

Selanjutnya tiga bidang tanah dan bangunan atas nama PT. Inti Kapuas International, kemudian 4 bidang tanah dan bangunan atas nama PT Inti Kapuas Arowana, Tbk yang berada di Desa Kuala Mandor A, Kecamatan Kuala Mandor B, Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat dengan nilai limit yang ditetapkan senilai Rp 3.723.461.000.

Terdapat juga tiga mobil serta empat sepeda motor yang terletak di Kantor Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat Jl. A. Yani, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, dengan total nilai limit yang ditetapkan senilai Rp 367.540.000.

Sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi Heru Hidayat (47) sehingga ia tetap dihukum penjara seumur hidup karena membobol Jiwasraya hingga Rp 16 triliun bersama-sama Benny Tjokrosaputro. Daftar aset yang dirampas negara bikin geleng-geleng kepala.

Aset yang disita terkait Heru ini ada kendaraan, tanah, hingga bangunan. Salah satunya yakni tanah milik PT Inti Agro Resources dan PT Inti Kapuas International.

(asp/zap)