ADVERTISEMENT

Pemprov DKI: 30% RTH Bakal Ditanami Tanaman Hortikultura

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 16 Mar 2022 15:38 WIB
Lahan kosong yang merupakan fasilitas umum di Jalan Manggarai Utara, Jakarta, dirombak menjadi RTH. Area itu dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang untuk warga
RTH di Kawasan Manggarai (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta akan menanami 30% persen ruang terbuka hijau (RTH) di Ibu Kota dengan tanaman hortikultura. Rencana ini masuk grand design pertanian yang ditargetkan rampung pada 2030.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI Jakarta Suharini Eliawati dalam Podcast Rabu Belajar di YouTube Pemprov DKI Jakarta yang ditayangkan hari ini.

"Kami Pemprov DKI Jakarta pada tahun 2018 itu sudah mempunyai yang namanya grand design pertanian yang akan diselesaikan nanti 2030. Isinya apa? Isinya di antaranya 30 persen ruang terbuka hijau akan kita tanami tanaman-tanaman hortikultura," kata Suharini, Rabu (16/3/2022).

Adapun tanaman hortikultura terdiri dari sayur dan buah-buahan. Dia berharap upaya ini dapat mengurangi 5 persen dari kebutuhan sayur dan buah bagi warga Jakarta.

"Dengan kita banyak menanam buah di samping kita menanam tanaman-tanaman hias, itu suatu ketika nanti kita akan menurunkan lima persen dari kebutuhan sayur dan buah-buahan kita," ujarnya.

Suharini juga menjelaskan manfaat dari aktivitas pertanian perkotaan. Selain produksi oksigen di Jakarta semakin tinggi, lingkungan hidup semakin lebih baik.

"Jangan kaget kalau kemudian ada kupu-kupu di rumah kita, ada suara-suara burung di sekitar kita. Artinya apa? Artinya udara lingkungan kita semakin membaik," jelasnya.

(taa/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT