ADVERTISEMENT

Istana Jelaskan soal Pebalap MotoGP Lepas Masker Saat Bertemu Jokowi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 16 Mar 2022 15:36 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beraudiensi dengan pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kepada Marc Marquez dan kawan-kawan, Jokowi memperkenalkan motor RI 1.
Momen Jokowi bertemu dengan pebalap MotoGP di Istana Merdeka Jakarta. (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Momen pertemuan pebalap MotoGP dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi sorotan. Warganet menyoroti soal sejumlah pebalap yang tidak mengenakan masker.

Pihak Istana menjelaskan momen pertemuan Jokowi dengan pebalap MotoGP di Istana Kepresidenan Jakarta yang terjadi pagi tadi.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan para pebalap sudah menjalani tes swab PCR dan sudah mendapatkan vaksin lengkap. Pertemuan Jokowi dengan pebalap dipastikan aman.

"Mereka sudah PCR, sudah vaksin lengkap. Kalau tidak divaksin malah tidak bisa masuk di kita sekarang ini. Semua aman. Vaksin sudah lengkap. Semua insyaallah aman. Jadi para pebalap sudah vaksin dan PCR," jelas Bey saat dimintai konfirmasi, Rabu (16/3/2022).

Bey mengatakan pertemuan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan COVID-19. Dia juga menjelaskan soal Jokowi yang sempat melepas masker bersama para pebalap.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beraudiensi dengan pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kepada Marc Marquez dan kawan-kawan, Jokowi memperkenalkan motor RI 1.Presiden Jokowi beraudiensi dengan pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kepada Marc Marquez dan kawan-kawan, Jokowi memperkenalkan motor RI 1. (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

"Kan saat foto saja. Lepas masker waktu foto di motor. Waktu jalan ke depan gerbang pakai masker. Setelah itu lalu melepas pebalap buka masker karena agar keliatan ekspresi saja ke pebalap-pebalap. Itu pun lokasinya terbuka, jaga jarak juga. Setelah itu pakai masker lagi," jelasnya.

Diketahui, pagi tadi Jokowi mengundang para pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan itu, Jokowi dan para pebalap sempat berbincang-bincang.

Jokowi juga sempat memamerkan sepeda motor custom kepada para pebalap MotoGP.

Pertemuan ini digelar sebelum para pebalap menjalani parade MotoGP di Jakarta. Parade MotoGP dibuka langsung oleh Jokowi di Istana dengan mengibarkan bendera di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

(jbr/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT