ADVERTISEMENT

Penumpang Antusias Stiker Jaga Jarak di MRT Dilepas: Senang Sudah Normal

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 14 Mar 2022 08:30 WIB
PT MRT Jakarta (Perseroda) memberlakukan kapasitas tempat duduk 100% di MRT mulai hari ini. Meskipun begitu, penumpang moda transportasi ini masih sepi pagi ini.
Foto: Suasana di dalam MRT usai stiker jaga jarak dilepas (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

PT MRT Jakarta (Perseroda) melepas stiker jaga jarak yang membatasi kapasitas tempat duduk penumpang mulai hari ini. Penumpang antusias dengan kebijakan kapasitas MRT yang sudah kembali normal.

"Iya senang sudah normal lagi kapasitas artinya kan kita nggak nunggu lama lagi," ujar Genta (28) kepada detikcom di Stasiun MRT Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2022).

Genta menyebut kebijakan pembatasan penumpang sebelumnya membuatnya harus lebih bersabar untuk menggunakan moda transportasi MRT. Menurutnya, hal tersebut disebabkan MRT sangat ketat menerapkan protokol kesehatan.

"Bagus sih (ada peraturan) ketat kayak gitu, batasin penumpang di dalam kereta," ungkapnya.

Selain itu, warga lainnya, Ryan (27), juga mengaku senang dengan kebijakan tersebut. Pasalnya, Ryan tidak perlu capek-capek berdiri lagi.

"Biasanya kemarin-kemarin berdiri, pas tau hari ini stikernya dicopot jadi bisa duduk lagi. Lumayan lah nggak capek berdiri," kata Ryan.

Ryan sepakat dengan Genta mengenai kebijakan MRT yang sangat ketat terhadap penumpang demi menjaga kesehatan. Salah satunya, tidak boleh ada interaksi di dalam gerbong kereta selama masa COVID-19.

"Kalau ada petugas kita dilarang ngobrol sesama penumpang. Bagus sih, untuk menghindari adanya droplet mungkin ya," tuturnya.

Masih Sepi Penumpang Pagi Ini

Sementara itu, berdasarkan pantauan detikcom pukul 07.00 WIB hari ini di Stasiun Senayan, masih belum terlihat kepadatan penumpang MRT di stasiun ini. Namun, terlihat beberapa penumpang keluar dari kereta MRT untuk berhenti di Stasiun Senayan.

Kebanyakan dari mereka merupakan pekerja yang memang setiap harinya menggunakan moda transportasi MRT untuk bekerja. Nampak para penumpang terlihat menunduk ketika keluar dari pintu kereta dan asyik bermain dengan ponselnya.

Selain itu, protokol kesehatan juga terlihat diterapkan dengan baik di stasiun ini. Setiap penumpang yang hendak masuk diperiksa suhu badan dan pengecekan barang bawaannya.

Ketika detikcom mencoba masuk ke dalam kereta, terlihat stiker jaga jarak kini telah dilepas oleh petugas. Tak lagi terlihat tanda 'x' berwarna merah yang menjadi penanda jaga jarak.

Ini berarti MRT benar-benar menerapkan 100 persen kapasitas penumpang di dalamnya. Meski begitu, belum terlihat kepadatan di dalam kereta.

Seluruh penumpang masih mendapatkan tempat duduknya masing-masing. Namun, pihak MRT hingga kini masih menempel stiker jaga jarak untuk penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk.

Stiker tersebut berwarna hijau dengan lambang telapak kaki bertuliskan 'Hanya Untuk 1 Orang, Menghadap Arah Laju Ratangga'.

Simak Video 'Menjajal Kembali MRT Setelah Kapasitas Penumpang Kini Boleh Full 100%':

[Gambas:Video 20detik]




(ain/drg)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT