Pembangunan JIS Capai 98%, JakPro Targetkan Rampung Awal April

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 13 Mar 2022 23:35 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik didampingi PT Jakpro melakukan kunjungan kerja ke Jakarta International Stadium (JIS).  (Tiara Aliya/detikcom)
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik didampingi PT Jakpro melakukan kunjungan kerja ke Jakarta International Stadium (JIS). (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengungkap progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) mencapai 98%. JakPro menargetkan pembangunan rampung di awal April tahun ini.

"Total sudah 98%, tinggal 2%. Diharapkan awal April maksimal sudah selesai," kata Direktur PT Jakpro, Gunung Kartiko saat mendampingi pimpinan DPRD DKI Jakarta meninjau JIS di Papanggo, Jakarta Utara, Minggu (13/3/2022).

Gunung menuturkan JIS bakal dilengkapi oleh fasilitas jogging track yang berada di bagian atas stadion bernama sky view deck. Fasilitas ini berada di ketinggian 72 meter dengan pemandangan menghadap ke laut Jakarta.

"Kemudian jogging track kita buka untuk umum. Jadi seluruh masyarakat bisa menikmati dari ketinggian 72 meter dengan pemandangan ke laut dan juga ke arah kota," jelasnya.

Meskipun JIS bakal dibuka untuk umum, Gunung mengatakan tak semua fasilitas akan bebas biaya alias gratis.

"Nanti pengaturannya kita atur apakah gratis atau berbayar. Tapi pada prinsipnya, kita batasi, tidak bisa free seluruhnya karena ada alasan safety," ucapnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra M Taufik mengungkap JIS bakal ditinjau oleh federasi sepakbola dunia atau FIFA dalam waktu dekat. Sejumlah aspek bakal ditinjau oleh tim dari FIFA.

"Nanti akan dites jadwal membalnya dan serapan airnya oleh FIFA dalam waktu dekat. Saya kira ini stadion kebanggaan Jakarta juga kebangaan Indonesia," jelasnya.

Taufik optimistis Jakpro dapat merampungkan konstruksi sesuai target. Nantinya, akan ada soft launching sebagai penanda JIS telah beroperasional.

"Rampung. Saya kira April sudah selesai," tegasnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: