ADVERTISEMENT

Ganjil Genap Tetap Berlaku Meski Lalin Ramai Lancar di Kawasan Puncak

Muchamad Sholihin - detikNews
Minggu, 13 Mar 2022 11:20 WIB
puncak gage
Kondisi lalin Puncak ada ganji-genap. (Solihin/detkcom)
Jakarta -

Arus lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor, hari ini dilaporkan ramai lancar. Meski begitu, aturan ganjil-genap tetap diterapkan oleh kepolisian meski kondisi arus lalu lintas sedang ramai lancar.

"Arus lalin sejak pagi normal, kondisi ramai lancar. Sistem ganjil genap masih kita berlakukan, petugas tetap putarbalik kendaraan yang tidak sesuai tanggal hari ini," kata KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana, Minggu (13/3/2022).

Ketut mengatakan, hingga menjelang siang ini rekayasa lalu lintas berupa sistem one way atau satu jalur belum diterapkan. Sebab, volume kendaraan masih terbilang normal. Rencananya, one way baru akan diberlakukan siang ini untuk kendaraan menuju Jakarta.

"Untuk one way belum kita berlakukan hari ini karena arus dari Jakarta tidak begitu ramai. Paling nanti kita antisipasi yang menginap dari hari Jumat, rencana jam 11.30 WIB kita berlakukan one way arah Jakarta," kata Ketut Laswarjana.

Pantauan detikcom di check point Simpang Gadog Bogor Minggu (13/3/2022), tampak petugas gabungan TNI-Polri, Dishub, dan Satpol PP Kabupaten Bogor tengah memeriksa kendaraan yang melaju ke arah Puncak. Kendaraan berpelat nomor genap diminta memutar arah.

"Mereka yang masih nekat kita putar balik kembali masuk tol," kata Ketut.

Untuk diketahui, aturan ganjil-genap di kawasan Puncak, Bogor, sudah diberlakukan sejak September 2021 atau 6 bulan lalu. Meski begitu, masih banyak warga yang tetap datang ke kawasan Puncak, Bogor, tanpa mematuhi aturan.

Ketut menyebut para pengendara yang diputar balik merupakan pengendara nekat menghindari petugas. Pihaknya akan menyosialiasikan aturan tersebut setiap kali menjelang pemberlakuan ganjil genap.

"Iya bisa dibilang begitu, masih nekat. Mereka yang masih nekat kita putar balik kembali masuk tol. Sampai saat ini kita masih tetap sosialisasi terkait gage di Puncak melalui rekan-rekan media maupun medsos kita TMC," kata Ketut

Simak juga 'Antisipasi Puncak Macet Lagi, Petugas Siapkan Montir-Mobil Derek':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT