Berkas Lengkap, Kasus Pencemaran Anak Ahok oleh Ayu Thalia Segera Disidang

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 12 Mar 2022 10:24 WIB
Ayu Thalia (kiri), Nicholas Sean (kanan)/(Foto:dok.Instagram @thata_anma, @nachossean)
Ayu Thalia (kiri), Nicholas Sean (Foto:dok.Instagram @thata_anma, @nachossean)
Jakarta -

Kasus pencemaran nama baik terhadap Nicholas Sean Purnama, anak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dengan tersangka selebgram Ayu Thalia memasuki babak baru. Berkas perkara itu sudah dinyatakan lengkap.

"Iya pekan ini dari JPU sudah dinyatakan lengkap," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Dwi Prasetyo saat dihubungi, Sabtu (12/3/2022).

Dwi mengatakan penanganan kasus ini selanjutnya akan diserahkan ke pihak pengadilan. Dalam waktu dekat, pihak kepolisian akan menyerahkan alat bukti hingga tersangka ke pihak kejaksaan.

Sidang kasus tersebut rencananya bakal digelar di PN Jakarta Utara. Namun dia belum memerinci kapan sidang kasus tersebut bakal digelar.

"Yang jelas paling dekat kita bakal tahap dua dulu. Penyerahan barang bukti sama tersangka," katanya.

Selain itu, Dwi mengaku pihak kepolisian tidak memberikan rekomendasi penahanan atas Ayu Thalia saat nantinya diserahkan kepada kejaksaan. Hal itu menyusul ancaman hukuman tersangka yang di bawah 1 tahun.

"Nggak ada kalau itu (rekomendasi penahanan). Kita tidak rekomendasikan itu," jelas Dwi.

Sean Siap Hadapi Persidangan

Dihubungi terpisah, pihak Sean menyambut terbuka terkait kasusnya yang bakal disidangkan. Sean mengaku bakal menghadiri tiap proses persidangan yang nantinya digelar.

"Kemarin kita sudah diinformasikan dari Polres Jakut jika kasus Sean sudah P21. Respons Sean sendiri mengaku siap kooperatif dan bakal menghadiri sidang jika nantinya dibutuhkan keterangannya," kata pengacara Sean, Ahmad Ramzy.

Untuk diketahui, Ayu Thalia telah ditetapkan sebagai tersangka laporan pencemaran nama baik yang dilayangkan oleh anak dari Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Nicholas Sean Purnama. Selebgram itu dijerat dengan Pasal 310 dan 311 KUHP.

(ygs/hri)