ADVERTISEMENT

Viral Pria Ambil Foto Penumpang Wanita di KRL, Begini Kejadiannya

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 11 Mar 2022 18:46 WIB
Jadwal KRL Bekasi-Jakarta Kota dan Sebaliknya, Cek di Sini yang Terbaru!
Foto Ilustrasi penumpang KRL: (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Video menunjukkan seorang pria diperiksa petugas keamanan di gerbong kereta rel listrik (KRL) viral di media sosial (medsos). Pria itu disebut mengambil foto penumpang wanita secara diam-diam.

Penumpang wanita yang menjadi korban adalah N. N mengatakan peristiwa itu terjadi pada Kamis (10/2) sekitar pukul 11.30 WIB di Stasiun Cawang. Kejadian itu terjadi di rangkaian KRL arah Bogor menuju Angke.

N menceritakan saat itu dia naik KRL bersama temannya berdiri di sisi kiri dan melihat pelaku yang sedang duduk di sisi sebelah kanan. Terlihat pelaku sedang mengarahkan ponselnya ke arah gerbong KRL.

Teman N mengira pria itu sedang mengambil foto situasi saat di gerbong KRL. Namun, setelah diperhatikan, pelaku masih terlihat dengan posisi yang sama hingga teman N curiga dengan gerak gerik yang dilakukan pelaku.

Saat itu, pelaku juga memberikan tempat duduk kepada N dan temannya, namun pelaku tetap mengambil foto secara diam-diam dari jarak dekat.

"Nah ternyata pas beberapa menit kemudian temanku lihat ke arah sebelah kanan lagi bapaknya masih sama. Terus karena temanku lagi nggak pegang HP, dia minjam HP temanku yang satu lagi yang duduk di depan kita buat nanya 'tolong liatin Bapak di belakang gue deh dia kayak fotoin atau videoin gue gak sih?' Nah ternyata kata temanku yang duduk 'kayanya iya'," ujar N kepada detikcom, Jumat (11/3/2022).

"Nah kayaknya Bapaknya sadar kalau lagi kita omongin terus dia tiba-tiba berdiri ngasih tempat duduk gitu. Pas dia berdiri dia masih videoin atau fotoin, tapi malah lebih deket gitu jaraknya," tambahnya.

Banyak Foto Penumpang KRL di HP Pelaku

Teman N saat itu sempat menegur dan meminta pelaku untuk mengakui perbuatannya. Petugas keamanan juga mendatangi pelaku dan memeriksa handphone (HP) pelaku.

"Temanku yang punya HP tadi ini udah kelewat kesel terus tegur 'Bapak nggak sopan ya, daritadi foto-fotoin ke arah sini. Bapak dari tadi fotoin temen saya kan?'. Tapi bapaknya nggak ngaku, akhirnya temanku teriak manggil security," tutur N.

Saat diperiksa petugas keamanan, terdapat beberapa foto yang melihatkan bokong penumpang wanita di gerbong KRL. Pelaku juga diduga telah mengirimkan foto-foto penumpang wanita di KRL ke sebuah grup di media sosial.

"Pas dicek ternyata ada beberapa foto yang dia ambil mengarah ke belakang atau maaf bokong temanku. Kata mbak-mbak yang duduk di samping Bapaknya emang dari sebelumnya udah fotoin gitu, terus dikirim ke grup," katanya.

Setelah diperiksa oleh petugas keamanan, pelaku akhirnya mengakui perbuatannya itu. Pelaku mengaku mengambil foto penumpang wanita di KRL untuk koleksi.

"Terus security nanya maksudnya apa dan dia jawab 'buat koleksi'. Terus akhirnya si Bapak ini diturunin di Stasiun Manggarai," ungkap N.

Menurut N, pelaku saat itu diturunkan oleh petugas keamanan di Stasiun Manggarai. N mengatakan dirinya tidak melaporkan kejadian ini sebab trauma atas peristiwa pelecehan seksual ini.

"Tidak (tidak lapor). Saya masih kaget dan gemeteran, yang speak up pun teman saya yang duduk. Saya belum bisa bicara kemarin saat kejadian," ucap N.

Terkait hal ini, detikcom sudah berupaya menghubungi pihak KAI Commuter Indonesia (KCI), tapi hingga berita ini diturunkan, pihak PT KCI belum memberikan keterangan.



Simak Video "STRP Jadi Syarat Naik KRL, Ini Suasana Stasiun Kemayoran di Jam Pulang Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(zap/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT