14 Maret Memperingati Hari Apa? Ini Penjelasan Hari Matematika Sedunia

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 18:26 WIB
14 Maret memperingati hari apa? Pada tanggal ini, ada peringatan Hari Matematika yang dirayakan oleh seluruh dunia.
14 Maret Memperingati Hari Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya (Foto: Getty Images/domin_domin)
Jakarta -

14 Maret memperingati hari apa? Pada tanggal ini, ada peringatan Hari Matematika yang dirayakan oleh seluruh dunia. Hari Matematika berangkat dari keinginan UNESCO yang hendak meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh negara.

14 Maret memperingati hari apa? Jika merujuk laman UNESCO, setiap tahunnya 14 Maret diperingati sebagai Hari Matematika Sedunia. International day of mathematics atau yang dikenal Hari Matematika Sedunia menjadi momentum tahunan yang diperingati oleh belahan dunia.

Hari Matematika Sedunia diperingati setiap tanggal 14 Maret. Mari simak sejarah hingga perayaannya.

14 Maret Memperingati Hari Apa: Begini Sejarah Hari Matematika

14 Maret memperingati hari apa? Merujuk situs UNESCO, setiap tahunnya 14 Maret diperingati sebagai Hari Matematika Sedunia. Adanya peringatan ini berangkat dari kesadaran dunia untuk meningkatkan kualitas hidup sekaligus pendidikan di negara maju dan berkembang.

Dalam konferensi umum ke-40, pada November 2019 UNESCO mencanangkan 14 Maret sebagai Hari Matematika sedunia. Namun di beberapa negara, 14 Maret disebut sebagai Hari Pi.

Hari Pi mengambil angka konstanta 3, 1 dan 4. Hal ini mengartikan perayaannya yang digelar pada tanggal 14 bulan 3 atau Maret.

14 Maret memperingati hari apa? Diperingatinya Hari Matematika Sedunia bertujuan untuk memperlihatkan peran ilmu matematika dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, serta memperkuat prioritas UNSECO dalam mencapai kesetaraan gender.

Melalui peringatan internasional ini, diharapkan masyarakan dunia bisa merayakan kegembiraan yang didapat dari ilmu matematika. Anak perempuan maupun laki-laki bisa merayakannya dengan kegiatan yang meriah.

Setiap tahunnya, UNESCO berkomitmen untuk memfasilitasi akses pendidikan matematika. Tak hanya melalui program pendidikan, fasilitas itu diberikan melalui kegiatan eskternal yang menyenangkan.

14 Maret Memperingati Hari Apa: Ini Maksud dan Tujuannya

Pertanyaan 14 Maret memperingati hari apa sudah terjawab, yakni sebagai Hari Matematika Sedunia. Selanjutnya, mari simak pula maksud dan tujuan perayaan tersebut.

Masih merujuk laman UNESCO, tahun ini Hari Matematika Sedunia jatuh pada Senin (14/3/2022). Diperingatinya Hari Matematika Sedunia mengajak masyarakat untuk lebih menyukai ilmu tersebut.

UNESCO menyebut, banyak peneliti dan ahli matematika yang mampu mengatasi kesulitannya dalam bidang matematika. Bahkan, peneliti menyatakan matematika menjadi ilmu yang bisa mengatasi tantangan mendesak di dunia.

14 Maret memperingati hari apa tak lepas dari peran matematika dalam bidang ilmu pengetahuan. Diharapkan, tahun 2030 matematika bisa berperan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Tema Hari Matematika Sedunia

14 Maret memperingati hari apa sudah terjawab, yakni diperingati sebagai Hari Matematika Sedunia. Selanjutnya, mari simak tema yang diusung tahun ini.

Melansir laman mathunion, setiap tahunnya tema Hari Matematika Sedunia cenderung berbeda. Untuk tahun ini, adpaun tema yang diangkat yakni 'Matematika Bersatu'.

Tema itu digagas oleh mahasiswa pascasarjana University of Ottawa, Yuliya Nesterova. Dia menjelaskan ada makna dibalik tema tersebut.

Menurutnya, matematika adalah 'bahasa' yang dimiliki. Matematika sekaligus menjadi subjek yang sama untuk menemukan satu sama lain.

(azl/imk)