Dhony Rahajoe Wakil Kepala Otorita IKN, Ini Sosok dan Kiprahnya di BSD

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 14:44 WIB
Ibu Kota Baru (Fuad Hasim/detikcom)
Dhony Rahajoe, Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara yang Dilantik Hari Ini -- Foto: Ibu Kota Baru (Fuad Hasim/detikcom)
Jakarta -

Dhony Rahajoe akan dilantik sebagai Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dhony Rahajoe bakal dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara sore hari ini.

Dhony Rahajoe akan bekerja sama dengan Bambang Susantono selaku Kepala Otorita IKN Nusantara. Lantas siapa sosoknya hingga diberi tanggung jawab di IKN Nusantara? Berikut informasinya.

Sosok Dhony Rahajoe

Dipilihnya Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara tak lepas dari kemampuannya. Dhony Rahajoe punya latar belakang di bidang properti yang mumpuni untuk memimpin IKN Nusantara.

Diketahui dirinya kini bertanggung jawab sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land. Dia turut terlibat dalam proyek BSD City.

Dilansir laman Sinar Mas Land, proyek BSD City diketahui jadi referensi pemerintah untuk membangun IKN Nusantara. Sebagai orang penting, Dhony Rahajoe beberapa kali menerima kunjungan kementerian terkait Nusantara.

Seperti pada 7 Oktober 2021 lalu, dia menerima kunjungan dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa. Saat itu kunjungan dilakukan untuk melihat penerapan proyek green building di kawasan BSD Green Office Park, yang dijadikan referensi pemerintah dalam proyek pembangunan IKN.

Pada 19 Oktober 2021, Kementerian PUPR kembali berkunjung ke proyek BSD City untuk mempelajari pengembangan sebuah kota pusat pertumbuhan kota, di antaranya perencanaan, tata ruang, township management, hingga pembangunan hijau berkelanjutan.

Pada 24 Desember 2021, Dhony Rahajoe juga bertemu dengan Presiden Jokowi dalam rangka kunjungan ke BSD City. Saat itu Jokowi menyatakan ketertarikannya pada konsep green district, green building, dan green office yang berada di BSD City,

Kata KSP Soal Kiprah Dhony Rahajoe

Sosok Dhony Rahajoe dinilai Kantor Staf Presiden (KSP) punya pengalaman dan profesionalisme yang dijadikan penilaian sebelum ditunjuk sebagai Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Duet dengan Bambang Susantono dinilai mampu memimpin IKN ke depannya.

"Untuk Pak Dhony, dia punya pengalaman dalam pengelolaan BSD. Kota satelit, yang boleh dibilang cukup sukses," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong kepada wartawan, Kamis (10/3/2022).

"Kalau lihat pengalamannya, mereka kombinasi yang cukup baik dari segi profesionalisme. Pak Bambang punya keahlian di bidang transportasi, infrastruktur, dan perhubungan. Lalu punya pengalaman di bidang manajemen dan lembaga internasional. Belum lagi pengalaman di pemerintahan," ujarnya.

Sosok Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe akhirnya menjawab tanda tanya publik soal kepemimpinan IKN. Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi menyebutkan kriteria kepala otorita IKN setidaknya pernah mempunyai pengalaman memimpin daerah dan berlatar arsitek. Terkait hal ini, Wandy mengartikannya sebagai pengalaman kepemimpinan yang menurutnya ada di diri Bambang Susantono.

"Kalau saya melihat itu, bisa diartikan pengalaman kepemimpinan. Jangan lupa ini ada aspek pembangunan fisiknya juga. Kalau Pak Bambang kan punya pengalaman di kementerian atau pemerintahan. Menurut saya, cukup sulit mencari sosok komplet seperti beliau," ujar dia.

Tonton video 'Janji Bambang Susantono Bangun IKN Jadi A City For All':

[Gambas:Video 20detik]



Simak di halaman selanjutnya soal kabar pelantikan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.