Saat Mensos Risma Apresiasi Rismawati, PPSU Ancol Penyandang Disabilitas

Antara - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 10:19 WIB
Mensos Tri Rismaharini salut kepada Rismawati, petugas PPSU Kelurahan Ancol, Jakut. Dia meminta para penyandang disabilitas lain untuk tetap percaya diri. (Foto Antara)
Mensos Tri Rismaharini salut kepada Rismawati, petugas PPSU Kelurahan Ancol, Jakut. Dia meminta para penyandang disabilitas lain tetap percaya diri. (Antara)
Jakarta -

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta para penyandang disabilitas di tanah air tetap percaya diri. Dia salut kepada Rismawati (23), petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

"Rismawati bisa berprestasi dan media mengangkatnya. Meski dia tunarungu dan tunawicara, tetapi bisa berprestasi dan berkarya sama dengan saudara-saudaranya yang lain yang normal," kata Risma seperti dilansir Antara, Kamis (10/3/2022).

"Kita harus tahu bahwa Tuhan itu sangat adil, karena itu saudara-saudara kami yang disabilitas jangan pernah merasa untuk kurang," tambahnya.

Rismawati sempat menjadi sorotan karena mampu melewati tes tulis dan praktik hingga kembali diangkat sebagai PPSU Ancol. Rismawati yang menjadi penyandang tunarungu dan tunawicara mengalahkan nilai rata-rata saingannya yang normal.

Menurut Risma, dalam kondisi keterbatasan yang dimiliki Rismawati, dia masih bisa lulus tes kembali sebagai PPSU Kelurahan Ancol.

"Mereka yang disabilitas ternyata mempunyai semangat yang luar biasa, bahkan bisa mengejar semua ketertinggalannya dibanding yang normal," katanya.

Risma menilai peran media massa di sini adalah sebagai penyemangat bagi para penyandang disabilitas lain untuk bisa berprestasi seperti Rismawati.

"Kami punya banyak contoh sekali anak anak kami yang disabilitas. Harus kita 'support', kita harus menerima mereka dalam kondisi seberat apa pun dan yang paling penting adalah saya terima kasih kepada teman-teman media yang bagi kami adalah penyemangat," kata Risma.

Ia berharap ada lebih banyak sosok penyandang disabilitas lain di Indonesia berprestasi sehingga kisahnya menginspirasi pihak lain. Dia berharap nantinya persepsi di masyarakat berubah bahwa tidak ada masalah menjadi seorang penyandang disabilitas di Indonesia.

"Jadi, karena itu, sekali lagi terima kasih kepada teman-teman media, terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung saudara-saudara kita yang disabilitas karena kelebihan mereka yang perlu kita tonjolkan," tutup Risma.

Simak juga 'Pantang Menyerah Driver Ojol di Tengah Keterbatasan Disabilitas':

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/idn)