Menaker Tegaskan Musisi Bisa Dapat Jaminan Sosial Seperti Karyawan

ADVERTISEMENT

Menaker Tegaskan Musisi Bisa Dapat Jaminan Sosial Seperti Karyawan

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Rabu, 09 Mar 2022 22:07 WIB
Kemnaker
Foto: Dok. Kemnaker
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menegaskan musisi bisa mendapatkan perlindungan jaminan sosial dari negara. Hal ini sesuai amanat UUD 1945 dan Undang Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Hal itu disampaikan Ida dalam talkshow perayaan Hari Musik Nasional dengan tema 'Kesetaraan & Kesejahteraan Bagi Pelaku Musik' di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Untuk itu, pemerintah berkomitmen untuk mendorong semaksimal mungkin agar semua warga negara Indonesia, termasuk temen-temen pekerja musik mendapatkan perlindungan dan kesejahteraan sosial," kata Ida dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (9/3/2022).

Ida menerangkan dalam sistem jaminan sosial ketenagakerjaan peserta tidak hanya dibatasi untuk Penerima Upah (PU), tetapi juga diperuntukkan bagi peserta Bukan Penerima Upah (BPU), salah satunya adalah pekerja musik.

Program perlindungan jaminan sosial yang ada saat ini, kata Ida, sangat bermanfaat bagi peserta dalam menjamin kehidupannya di masa sekarang maupun masa yang akan datang. Untuk perlindungan jaminan sosial masa sekarang, lanjutnya, terdapat dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK).

Ia menjelaskan dalam program tersebut apabila peserta mengalami risiko sosial seperti kecelakaan kerja atau cacat total tetap akan mendapatkan perawatan medis yang maksimal, santunan berupa uang dan manfaat beasiswa untuk dua orang anak yang biaya pendidikannya ditanggung mulai dari tingkat TK/SD sampai dengan perguruan tinggi.

Sedangkan perlindungan jaminan sosial di masa yang akan datang terdapat dalam program Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). Apabila peserta memasuki hari tua/pensiun akan mendapatkan manfaat berupa uang tunai yang dibayarkan sekaligus serta manfaat uang tunai yang dibayarkan secara berkala sebagai pengganti penghasilan.

Ida menyatakan program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat menjamin kesejahteraan pekerja beserta keluarganya dari berbagai risiko. Oleh karena itu, kata dia, pengalihan risiko melalui jaminan sosial ketenagakerjaan akan bermanfaat bagi pekerja seni dan keluarganya.

"Selain itu, program jaminan sosial berfungsi mengalihkan beban risiko dari peserta kepada badan penyelenggara. Dengan pengalihan risiko tersebut diharapkan produktivitas tetap terjaga dan kesejahteraan tetap terpelihara, baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang," ujar Ida.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT