ADVERTISEMENT

Firli Bahuri Dilaporkan ke Dewas soal Himne-Mars Bikinan Istri, Ini Kata KPK

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 09 Mar 2022 16:01 WIB
Ali Fikri
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) soal himne dan mars KPK yang dibuat oleh istrinya, Ardina Safitri. KPK mengatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke Dewas untuk diproses.

"KPK menyerahkan sepenuhnya proses pemeriksaan tersebut kepada Dewas sesuai tugas dan kewenangannya yang diatur dalam Pasal 37B UU KPK," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (9/3/2022).

"Dewas tentu telah memiliki mekanisme dan SOP untuk menindaklanjuti setiap aduan yang diterima," tambahnya.

Ali mengatakan KPK yakin Dewas dapat memproses aduan secara profesional. Dia mengajak semua pihak tidak menyimpulkan aduan tersebut tanpa menunggu hasil dari proses di Dewas.

"Kami yakin, setiap pemeriksaannya pun akan dilakukan sesuai fakta dan penilaian profesionalnya. Hasilnya juga akan disampaikan kepada masyarakat sebagai prinsip akuntabilitas dan transparansi," katanya.

"Sehingga, mari kita hormati proses yang sedang berlangsung tersebut dengan tidak mendahului untuk menyimpulkan secara dini, terlebih hanya berdasar asumsi ataupun opini," sambungnya.

Ali Fikri menegaskan istri Firli Bahuri menciptakan mars dan himne tersebut untuk KPK, bukan perseorangan. Menurutnya, pembuatan mars dan himne gratis.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kedua lagu tersebut dihibahkan oleh penciptanya kepada KPK, bukan kepada perseorangan di KPK. Hibah tersebut juga gratis, tidak ada pembayaran atau penggantian biaya penciptaan lagu yang harus dibayarkan KPK kepada penciptanya," ujarnya.

Lebih lanjut Ali mengatakan validasi dan pemeriksaan juga telah dilakukan. Hal itu guna memastikan proses penciptaan mars dan himne ini sesuai dengan prosedur.

"KPK melalui Biro Hukum dan Inspektorat juga telah melakukan validasi dan pemeriksaan, di antaranya kepada pihak pencipta lagu, untuk memastikan bahwa proses ini sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku," katanya.

Simak soal Firli dilaporkan ke KPK di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT