Arifin Panigoro di Mata Jusuf Kalla: Politikus-Pengusaha Sukses

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 08 Mar 2022 15:21 WIB
Jusuf Kalla melayat ke rumah duka Arifin Panigoro
Jusuf Kalla melayat ke rumah duka Arifin Panigoro. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melayat ke rumah duka anggota Wantimpres, Arifin Panigoro, siang ini. JK mengenang sosok Arifin sebagai seorang politikus dan pengusaha sukses.

"Tentunya sebagai pengusaha dan politisi, jadi kita sangat kehilangan sebagai pengusaha nasional, pribumi, pengusaha sukses," kata Jusuf Kalla, di rumah duka, Selasa (8/3/2022).

Dia mengaku merasa kehilangan dengan kepergian Arifin Panigoro. Dia pun turut mendoakan kepergian anggota Wantimpres tersebut.

"Ya kita semua merasa kehilangan, mudah-mudahan dapat dilanjutkan dan diterima di sisi yang baik," ujarnya.

Sementara itu, mantan politikus PDI Perjuangan, Eros Djarot, juga melayat ke rumah duka. Dia menitipkan pesan ke kader PDIP untuk memberi penghormatan bagi Arifin.

"Teman-teman PDIP itu saya hanya ingin titip saja, berikan hormat, penghormatan yang selayaknya karena dia yang saat itu sangat ingin berjuang dan tenaga, harta, pikiran, itu semua dia berikan," kata Eros di rumah duka.

Eros mengatakan Arifin Panigoro merupakan sosok yang netral. Menurutnya, Arifin hanya berpihak pada kepentingan negara.

"Salah satu yang mungkin jadi catatan kita bahwa keberpihakan dia itu bukan pada kelompok, tapi pada merah-putih, sampai meninggalnya ya. Itu yang saya hormati," ujarnya.

Selain itu, dia menuturkan lokasi penguburan jenazah Arifin Panigoro merupakan tempat yang biasa digunakan untuk rapat pada masa reformasi. Dia mengajak masyarakat mendoakan Arifin Panigoro.

"Nah ditempat tadi beliau dikubur ya itu tempat di mana kita selalu rapat dulu, di zaman reformasi. Jadi pada saat minta di situ, keluarga, bisa saya pahamilah, ya saya mintakan pada seluruh rakyat Indonesia yang belum tahu bahwa banyak jasa-jasanya pada saat reformasi. Ayo kita doakan bersama, semoga arwah beliau diterima di sisi Allah SWT," tuturnya.

Baca berita selengkapnya di halaman berikut