ADVERTISEMENT

Penyiksaan Napi Narkoba Lapas DIY Terbongkar, PKB: Sanksi Berat Pelaku!

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Selasa, 08 Mar 2022 11:31 WIB
ilustrasi penjara
Ilustrasi Lapas (Andi Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kanwil Kemenkumham DIY mengaku lalai setelah Komnas HAM membongkar adanya penyiksaan petugas lembaga permasyarakatan (lapas) terhadap narapidana (napi) kasus narkoba. Anggota Komisi III Fraksi PKB Jazilul Fawaid menyayangkan kejadian ngeri di lapas yang terus berulang.

"Terulangnya kejadian seperti ini bukti lemahnya disiplin dan pengawasan pegawai lapas," kata Jazilul Fawaid kepada wartawan, Selasa (8/3/2022).

Jazilul mendorong Kemenkumham dan pihak lapas meningkatkan pengawasan dengan menggunakan teknologi yang canggih. Dengan demikian, kata dia, semua kegiatan dalam lapas terpantau dan menghindari penyalahgunaan wewenang.

"Gunakan teknologi yang canggih untuk pengawasan dan disiplin agar semua terpantau dan tidak ada penyalahgunaan," ujarnya.

Waketum PKB itu meminta agar petugas lapas yang melakukan penyiksaan diberi sanksi berat. Sekaligus korban dipulihkan jiwanya.

"Berikan sanksi yang berat bagi pelanggar disiplin yang perilakunya melampau batas kemanusiaan," ucap dia.

"Investigasi pelakunya dan pulihkan kejiwaan korbannya," imbuhnya.

Dia menilai Kemenkumham tak cukup hanya menyampaikan permohonan maaf. Dia mewanti-wanti permohonan maaf lantas membuat perkara ditutup dan dianggap selesai.

"Tidak cukup dengan hanya menyampaikan permohonan maaf lantas perkara ditutup dan dianggap selesai," katanya.

"Harapan kami, jangan saling lempar tanggung jawab. Berikan sanksi disiplin bagi yang lalai dan melenceng dari tugas," pungkas dia.

Sebelumnya, Komnas HAM membongkar adanya penyiksaan petugas lapas terhadap napi kasus narkoba. Kanwil Kemenkumham DIY pun meminta maaf.

"Permohonan maaf atas kelalaian yang diduga telah dilakukan oleh beberapa oknum petugas terhadap beberapa WBP (warga binaan pemasyarakatan) LP Narkotika Yogyakarta," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY Gusti Ayu Putu Suwardani dalam keterangannya, dilansir dari detikjateng, Senin (7/3).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Komnas HAM Minta Menkumham Tindak Pelaku Kekerasan di Lapas Yogya':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT