Pelestarian Budaya, Relawan Ganjar Pranowo Gelar Pertunjukan Wayang

Dea Duta Aulia - detikNews
Selasa, 08 Mar 2022 11:23 WIB
Sahabat Ganjar.
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Relawan Sahabat Ganjar menggandeng Perkumpulan Seniman Tradisional dan Dalang Nusantara untuk menggelar pertunjukan wayang dengan lakon 'Petruk Dadi Ratu' di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Acara tersebut digelar untuk menjaga kelestarian budaya dan kesenian tradisional.

Ketua Umum Sahabat Ganjar KH Nahib Shodiq mengatakan selain melestarikan kebudayaan, acara tersebut diselenggarakan bertujuan untuk mengenalkan dan mengingat sejarah pewayangan.

"Saya berharap dengan adanya wayang orang Indonesia akan menjadi adem dan tahu sejarah," kata Nahib dalam keterangan tertulis, Selasa (8/3/2022).

Nahib mengatakan kisah pewayangan merupakan budaya yang begitu kental dengan peradaban Indonesia. Bahkan kisah pewayangan bisa menjadi inspirasi masyarakat.

"Kaitannya dengan apa yang menjadi peradaban Indonesia dulu hingga sekarang. Saya yakin wayang ini bisa menjadi inspirasi masyarakat Indonesia," katanya.

Sementara itu, Perwakilan Perkumpulan Seniman Tradisional dan Dalang Nusantara Ki Saparjan Mas Dalang Gaul mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju dalam ajang Pilpres 2024. Ki Saparjan turut mengajak masyarakat yang menyaksikan acara tersebut untuk bersatu mendukung Ganjar Pranowo.

"Harapannya kami setelah acara ini berlangsung seluruh rakyat Indonesia mari bersatu padu berjuang untuk Ganjar Pranowo untuk Presiden 2024. Merdeka," ujar Ki Saparjan.

Pementasan wayang tersebut turut dihadiri oleh Pimpinan Ponpes Nurul Jalal KH. Wahyu Misbach dan segenap anggota Mubaligh Indonesia Bersatu serta warga Pondok Pesantren Nurul Jalal.

(prf/ega)