ADVERTISEMENT

Terbaru! Ini Daftar Lengkap Wilayah PPKM 2, 3 dan 4 di Jawa-Bali

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 08 Mar 2022 06:19 WIB
PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang Sampai Tanggal Berapa? Ini Kabar Terkini
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali. Wilayah aglomerasi Jabodetabek mulai hari ini menerapkan PPKM level 2.

Daftar PPKM terbaru itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2022 tentang PPKM level 4, 3 dan 2 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali. Inmendagri ini ditandatangani oleh Mendagri Tito Karnavian pada Senin (7/3).

"Instruksi Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 8 Maret 2022 sampai dengan tanggal 14 Maret 2022," demikian bunyi Inmendagri seperti dilihat detikcom, Selasa (8/3/2022).

Sementara itu Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Safrizal ZA, mengatakan daerah yang menerapkan PPKM level 2 naik jadi 37. Daerah itu termasuk di dalamnya wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Dia menambahkan peningkatan di level 2 diikuti dengan penurunan jumlah daerah di level 3 dari yang sebelumnya 108 daerah menjadi 84 daerah. Sedangkan untuk jumlah daerah pada level 4 tidak mengalami perubahan yaitu 7 daerah, yang didominasi oleh seluruh kabupaten/kota di Provinsi DI Yogyakarta, Kota Magelang, dan Kota Madiun.

"Kita patut bersyukur bahwa peningkatan yang cukup eksponensial beberapa waktu lalu imbas merebaknya varian omicron, saat ini secara signifikan menunjukkan penurunan dan pelandaian jumlah kasus. Situasi ini tidak terlepas dari kolaborasi seluruh pihak, baik pusat maupun daerah, yang terus bersinergi dalam penanggulangan pandemi ini" tegas Safrizal dalam keterangan yang diterima detikcom, Selasa (8/3).

Berikut daftar wilayah PPKM terbaru:

DKI Jakarta
- level 2
Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Pusat

Banten
- level 2
Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan

- level 3
Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota Serang

Saksikan juga: Jadi Karyawan Kutu Loncat, Apa Salah?



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT