RSDC Wisma Atlet Gelar Lomba Cuci Tangan-Keselamatan Pasien untuk Nakes

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 07 Mar 2022 18:56 WIB
Koordinator RSDC Wisma Atlet, Mayjen TNI Budiman dkk
Koordinator RSDC Wisma Atlet, Mayjen TNI Budiman dkk (Dok istimewa)
Jakarta -

Memperingati dua tahun diresmikan sebagai rumah sakit darurat untuk pasien Corona (COVID-19), RSDC Wisma Atlet Kemayoran menggelar sejumlah perlombaan. Acara itu sebagai bentuk rekreasi untuk para tenaga kesehatan (nakes).

"Acara ultah ini kita peringati dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, juga materinya berkaitan dengan peningkatan profesi masing-masing," kata Koordinator RSDC Wisma Atlet, Mayjen TNI Budiman kepada wartawan, Senin (7/3/2022).

Budiman mengatakan dalam acara tersebut sejumlah perlombaan akan dipertandingkan. Perlombaan itu berupa lomba cuci tangan, lomba 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, rajin), lomba 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun), lomba keselamatan pasien K3. Selain itu, ada juga lomba olahraga lainnya seperti badminton dan bola voli.

"Jadi ini peringatan dua tahun ini kita laksanakan untuk memberikan waktu rekreasi kepada para nakes, mulainya sampai tanggal 23 Maret 2022," katanya.

Acara tersebut diikuti oleh seluruh nakes yang ada di RSDC Wisma Atlet. Saat ini total nakes ada sebanyak 2.411.

"Relawannya semua, semuanya ada 2.411, itu terdiri dari 69 dokter, terus dokter umum 293, perawat 1.415, sisanya farmasi, radiologi, laboratorium," katanya.

Budiman berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat, selain itu juga dikarenakan sudah menurunnya kasus COVID. Meski begitu, dia meminta para nakes untuk tetap siaga.

"Ini hanya sekedar memberikan kegiatan kepada rekan-rekan saat ini, tapi tetap harus siaga walaupun jumlah angka hunian melandai," pungkasnya.

(zap/zap)