Akui Salah Terobos Tol Kelapa Gading, Komunitas Supermoto Minta Maaf

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 06 Mar 2022 18:12 WIB
Komunitas supermoto viral terobos Tol Kelapa Gading-Pulogebang
Komunitas supermoto viral terobos Tol Kelapa Gading-Pulogebang (Foto: Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Pihak kepolisian telah menindak komunitas supermoto yang viral di media sosial menerobos Jalan Tol Kelapa Gading-Pulogebang. Komunitas supermoto itu pun mengakui kesalahan tersebut dan meminta maaf.

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanannya dengan berita tersebut. Itu benar adanya kami yang masuk jalan tol," kata salah satu perwakilan dari komunitas supermoto bernama Reza kepada wartawan di gedung Subdit Gakkum Polda Metro Jaya, Pancoran, Jakarta, Minggu (6/3/2022).

Reza mengaku rombongan konvoinya tidak tahu jika mereka melintas di jalan tol yang diperuntukkan untuk kendaraan roda 4 atau lebih. Saat itu, kata dia, mereka tidak membaca rambu-rambu jalan dikarenakan minim pencahayaan.

"Kami dari pecinta supermoto otomotif Jabodetabek tidak mengetahui kalau itu jalan tol, karena kondisi malam dan tidak membaca plang," ucapnya.

Dia menyebut bahwa rekaman yang viral itu direkam oleh salah seorang yang berada dalam konvoi tersebut. Namun, kata dia, mulanya video itu hanya untuk dokumentasi pribadi.

"Jujur yang ngerekam itu tidak tahu kalau itu di jalan tol, memang kami suka ngerekam video itu. Buat dokumen pribadi sebetulnya," ujarnya.

Diketahui, konvoi supermoto yang melintasi Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang pada Sabtu (26/2) dini hari viral di media sosial. Polisi mengatakan komunitas itu tidak mengetahui bahwa mereka ternyata melintasi jalan tol tersebut.

21 Anggota Supermoto Ditilang Polisi

Polisi menindak komunitas supermoto viral di yang masuk Tol Kelapa Gading-Pulogebang. Sebanyak 21 sepeda motor kini sudah ditahan oleh polisi.

"Jadi yang ditahan hari ini yang bisa hadir berdasarkan keterangan dan sudah kita ambil proses klarifikasi 21 kendaraan. Sementara prosedur penegakan hukum kendaraan kita tahan. Kita amankan di Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya," kata Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam saat konferensi pers, Minggu (6/3).

Jamal menjelaskan, pihaknya telah meminta keterangan terhadap 28 orang anggota komunitas tersebut. Hasilnya, polisi menjatuhkan hukuman tilang.

Simak Video 'Ketua Komunitas Supermotor Buka Suara soal Konvoi Terobos Tol':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)