Ini Ternyata Alasan Komunitas Supermoto Terobos Jalan Tol Kelapa Gading

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 06 Mar 2022 16:48 WIB
Supermoto viral
Polisi menahan 21 motor milik anggota supermoto. Foto: Hanafi/detikcom
Jakarta -

Aksi komunitas supermoto melintas di Jalan Tol Kelapa Gading-Pulogebang viral di media sosial. Lalu, apa alasan komunitas supermoto menerobos dan melintas di area jalan tol tersebut?

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam menyebut para pelaku melintas gegara tidak tau bahwa jalur tersebut merupakan jalan tol. Terlebih, di lokasi kejadian tidak terdapat adanya gerbang tol.

"Dari kesaksian dan keterangan kebanyakan dari salah satu klub motor ini kebanyakan bahwa tidak mengetahui bahwa itu adalah jalan tol. Jadi jalan menghubungkan untuk ke tol belum ada, belum dilengkapi oleh gate tol atau gerbang tol," kata Jamal saat jumpa pers, Minggu (6/3/2022).

Jamal mengatakan para pemotor itu pun terpaksa harus melanjutkan perjalanan hingga keluar tol. Lebih lanjut, pihaknya akan berkoordinasi dengan pengelola agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Begitu masuk sudah tidak bisa menghindar atau merubah arah sehingga tetap melanjutkan perjalanan. Nah yang di Kelapa Gading saya lihat menggunakan sistem terbuka masuk dulu tapi bayar di akhir. Ke depan, kita koordinasi dengan pihak pengelola jalan tol antisipasi kejadian agar tidak terjadi," pungkas Jamal.

21 Anggota Supermoto Ditilang Polisi

Polisi menindak komunitas supermoto viral di yang masuk Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang. Sebanyak 21 sepeda motor kini sudah ditahan oleh polisi.

"Jadi yang ditahan hari ini yang bisa hadir berdasarkan keterangan dan sudah kita ambil proses klarifikasi 21 kendaraan. Sementara prosedur penegakan hukum kendaraan kita tahan. Kita amankan di Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya," kata Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam saat konferensi pers, Minggu (6/3/2022).

Jamal menjelaskan, pihaknya telah meminta keterangan terhadap 28 orang anggota komunitas tersebut. Hasilnya, polisi menjatuhkan hukuman tilang.

"Kita sudah laksanakan penindakan dengan tilang dan yang bersangkutan berdasarkan kesepakatan dari teman teman klub sudah buat surat pernyataan untuk tidak melakukan pelanggaran yang sama," sambungnya.

Simak Video 'Ketua Komunitas Supermotor Buka Suara soal Konvoi Terobos Tol':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/rak)