Sah! Wisman ke Bali Bebas Karantina Mulai 7 Maret

Sui Suadnyana - detikNews
Sabtu, 05 Mar 2022 12:57 WIB
Gubernur Bali Wayan Koster
Gubernur Bali Wayan Koster (Sui Suadnyana/detikcom)
Badung -

Gubernur Bali Wayan Koster telah memastikan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali tak perlu dikarantina dan menggunakan visa on arrival (VoA) mulai 7 Maret. Kepastian tersebut setelah dilakukan rapat finalisasi pada Jumat (4/3) sore.

"Sudah final, kok. Kemarin final sudah tanggal 7 (Maret) ya (kepastiannya). Tanpa karantina dan visa on arrival khusus untuk Bali tanggal 7 Maret," kata Koster kepada wartawan saat ground breaking pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Jalan Tol Bali Mandara, Sabtu (5/3/2022).

Koster yakin kebijakan penghapusan karantina bakal menambah jumlah wisman yang berwisata ke Bali. Terlebih saat ini jumlah penerbangan langsung (direct flight) ke Pulau Dewata semakin banyak.

"Jelas (wisman ke Bali akan) makin banyak. Sekarang penerbangannya yang minta ke Bali sudah nambah terus," terangnya.

Menurut Koster, selama ini karantina dan kesulitan mendapatkan visa menjadi kendala turis untuk berwisata ke Bali. Selain diyakini menambah jumlah wisman ke Bali, adanya kebijakan penghapusan karantina dan penerapan VoA juga dinilai akan meminimalkan permainan mafia.

"Maka, dengan visa on arrival, nggak ada lagi tuh permainan mafia visa di agen-agen perjalanan. Maupun juga tanpa karantina endak ada lagi ada mafia karantina. Jadi aman orang (berkunjung ke Bali)," tegas Koster.

Sebelumnya, Gubernur Bali Wayan Koster menyebut para pejabat di pemerintah pusat dan pakar telah menyetujui pemberlakuan tanpa karantina dan penerapan visa on arrival (VoA) bagi wisatawan mancanegara (wisman) mulai 7 Maret 2022. Pembahasan final diselesaikan Jumat kemarin.

"Sebenarnya sudah dilakukan rapat beberapa hari yang lalu, pemerintah pusat di tingkat eselon I semuanya, termasuk para pakar, telah menyetujui kebijakan tanpa karantina itu pada tanggal 7 Maret sesuai dengan usulan kami, termasuk juga pemberlakuan kebijakan visa on arrival," kata Koster di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (4/3).

"Dan saya kontak Bapak Menkumham (Yasonna Laoly), pada prinsipnya beliau bersedia. Namun dua kebijakan ini akan difinalkan pembahasannya pada sore hari ini pukul 17.30 yang akan dipimpin langsung oleh Bapak Menko Maritim," imbuhnya.

Simak juga Video: Pemerintah Pertimbangkan untuk Bebaskan Karantina di Bulan April

[Gambas:Video 20detik]




(lir/lir)